Dana Hibah Belum Cair, Kontingen Porprov Bangkalan Tetap Diberangkatkan

Dana Hibah Belum Cair, Kontingen Porprov Bangkalan Tetap Diberangkatkan Bendahara KONI Kabupaten Bangkalan Bambang.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dua hari menjelang pelepasan atlet kontingen Bangkalan untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan digelar dari tanggal 6-13 Juli mendatang, sampai saat ini (Jum'at, 28/6), dana hibah untuk KONI tak kunjung dicairkan Pemkab Bangkalan.

Sejatinya, kontingen yang mau berlaga di Propov VI akan diberangkatkan pada Senin (1/7) depan. Sekadar informasi, Porprov VI kali ini akan digelar di 4 kabupaten yakni Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro.

Bambang, Bendahara membenarkan belum turunnya dana hibah Rp 1 miliar yang sudah diajukan sejak bulan Maret 2019.

"Infonya dari keuangan masih terkait Surat Edaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa dana hibah dan dana sosial tidak boleh dicairkan sampai Pemilu dan Pilpres. Belum tahu apakah sampai pencoblosan atau penetapan KPU bahkan pelantikan. Padahal KONI membutuhkan alokasi dana tersebut untuk membiayai kontingen sampai selesai pertandingan," ucap Bambang.

Sementara atlet yang akan diberangkatkan kurang lebih 190 orang, dengan rincian 137 atlet dari 15 cabor, dan 50 official dan panitia.

Menurut Bambang, untuk sementara terkait dana operasional atlet selama mengarungi porprov, sebagian akan ditanggung oleh Dispora. "Sementara sisanya terpaksa meminta ketua mencarikan talangan untuk masing-masing cabor, karena KONI belum ada dana. Dana tersebut ditalangin dulu oleh Ketua Cabor, nanti diganti setelah dana hibah tersebut cair dari Pemkab dalam bentuk SPJ," tegasnya.

Ketua Komisi D Nur Hasanan merespons terkait belum cairnya dana hibah tersebut. Ia mengatakan akan segera memanggil Dispora sebagai leading sector bidang keolahragaan. "Alasan dan kendalanya apa? Kok bisa belum cair," ujar Nur Hasanan.

Hal yang sama disampaikan Abdurrahman, Politikus Demokrat. Menurutnya, Pemkab harus bijak, apapun alasannya hibah dana KONI tersebut harus keluar. 

"Karena dana tersebut untuk kepentingan atlet apalagi untuk kepentingan atlet di Pekan Olahraga Provinsi VI, jangan sampai menghambatnya," ujarnya.

Kabupaten Bangkalan akan mengirimkan 137 atlet dari 15 cabang olahraga (cabor) dengan rincian sebagai berikut: Atletik (9), Balap Sepeda (3), Bola Voli Indoor (11), Bulu Tangkis (8), Catur (1), Drum Band (23), Futsal (16), Hoki (27), Panjat Tebing (6), Pencak Silat (13), Renang (4), Sepak Takraw (6), Tekwondo (2), Tennis Lapangan (3), dan Tenis Meja (5). (uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO