BPN Pacitan Pastikan Tidak Menarik Biaya Dalam Program PTSL

BPN Pacitan Pastikan Tidak Menarik Biaya Dalam Program PTSL Arif Kurniawan, Kasi Hubungan Hukum Pertanahan BPN Pacitan. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pacitan Arif Kurniawan, memastikan tidak adanya biaya serupiah pun pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ().

"Semua sudah dibiayai dari APBN," katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/6).

Kalaupun misalnya muncul biaya, itu merupakan kesepakatan dari pemohon yang diperuntukkan biaya patok serta materai. "Itu pun juga tidak terlampau besar. Bahkan juga ada desa yang terbebas dari biaya-biaya tersebut. Seperti di Desa Tinatar Kecamatan Punung, misalnya. Patok batas dibuat masing-masing pemohon. Kalau materai paling tidak seberapa nilainya," jelas dia.

Ia juga menjelaskan bahwa program ini berbeda dengan pemohon umum yang mana biayanya dihitung berdasarkan luas lahan. Termasuk ongkos transportasi petugas ukur dan pemeriksaan lahan, juga menjadi beban pemohon. "Mereka yang luas lahannya hanya 500 meter, tentu berbeda dengan lahan yang luasnya 1.000 meter," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO