Warga Wonosunyo Pasuruan Kekeringan, Dua Minggu Kebingungan Air

Warga Wonosunyo Pasuruan Kekeringan, Dua Minggu Kebingungan Air Warga sekitar Gunung Penanggungan memakai air Sumber Tetek untuk keperluan sehari-hari.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Desa Wonosonyo, Kecamatan Gempol Pasuruan mengeluh. Pasalnya, air sumur mereka kering, sehingga mereka harus mengambil ke sumber air sumber Tetek, di .

Menurut penuturan salah satu warga setempat, Irsyad, kekeringan ini mulai terjadi sejak dua mingguan. Sementara jarak untuk mengambil air ke sumber air Tetek cukup jauh.

“Masing-masing orang nggak sama jaraknya. Ada yang sampai 10 kilometer. Diangkut dengan sepeda motor menggunakan jerigen besar,” ujar Irsyad kepada BANGSAONLINE di lokasi Candi Belahan Sumber Tetek, Senin (17/6).

Mereka bahkan sampai mengantre di Sumber Tetek. Satu per satu bergantian dengan warga lainnya untuk mendapatkan air yang dibutuhkan.

“Sudah ada kesepakatan dengan warga, kalau mandi di sumber tidak boleh menggunakan sabun dan deterjen. Karena airnya dipakai untuk minum dan memasak,” tambah Agus.

Termasuk juga lanjut Agus, untuk minum ternak. Rata-rata setiap warga mengambil air di sumber Tetek, sehari bisa dua kali dengan dua jerigen. (afa/dur) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO