Waduh, 67% Situs Berlabel Aswaja di Internet Ternyata Palsu

Waduh, 67% Situs Berlabel Aswaja di Internet Ternyata Palsu Ketua PCNU Kota Surabaya KH. Dr. Ahmad Muhibbin Zuhri menandatangani prasasti maklumat Masjid Abu Adenan sebagai masjid yang berpedoman pada amaliah, ubudiyah, dan iktiqadiyah Aswaja An Nahdliyah. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini peringatan serius bagi warga Nahdlatul Ulama () yang mempelajari agama lewat situs-situs internet. Pasalnya, 67% situs internet dengan label Aswaja ternyata palsu atau jauh dari nilai-nilai Ahlussunah Wal Jamaah.

Fakta itu disampaikan Ketua PC Kota Surabaya KH. Dr. Ahmad Muhibbin Zuhri. Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini pernah menugaskan mahasiswanya di pasca sarjana untuk meneliti situs-situs berlabel Aswaja. Hasilnya mencengangkan, tenyata 67% situs dengan nama Aswaja itu malah menjauhkan dari nilai-nilai Aswaja. Sementara sisanya 33% masuk kategori situs Aswaja. Itu pun tak semuanya Aswaja An Nahdliyah yang menjadi pedoman warga .

"Ini lah bahaya bahayanya kalau belajar dari Mbah Google. Karena nyatanya banyak situs palsu yang mendompleng nama Aswaja. Karena itu, belajar itu harus ada tempatnya dan gurunya, agar tidak tersesat," tutur Kiai Muhibbin saat mengisi khotbah Subuh di Masjid Abu Adenan, Perumahan Gunung Sari Indah, Karang Pilang, Sabtu (15/6).

Kiai Muhibbin menyampaikan pentingnya - menjaga nilai-nilai Aswaja An Nahdliyah. Sebab, banyak terjadi akhir-akhir ini yang awalnya beramaliah Aswaja berubah dengan ajaran paham radikal yang gemar mengkafirkan dan membid'ahkan amaliah .

Padahal, itu awalnya didirikan oleh warga . Bahkan itu dihibahkan untuk syiar . Namun karena warga lebih senang salat di rumah, akhirnya itu dikuasai oleh orang lain dengan paham yang bertolak belakang dengan ajaran Aswaja.

"Kondisi tersebut banyak terjadi di komplek perumahan. Karena itu, saya mengapresiasi inisiatif takmir dan jamaah Abu Adenan yang memproklamirkan ini sebagai yang berpedoman pada amaliah, ubudiyah, dan iktiqadiyah Aswaja An Nahdliyah," ujar Ketua Bidang Imarah Badan Pengelola Masjid Al Akbar Surabaya tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Takmir Masjid Abu Adenan, H. Yayat Hidayat, S.Ag menjelaskan proses Masjid Abu Adenan mempertahankan nilai Aswaja An Nahdliyah sebagai amaliah melalui proses yang panjang. Bahkan pernah hampir terjadi kontak fisik dalam mempertahankan ini agar tetap berpedoman pada Aswaja An Nahdliyah.

Karena itu, untuk menghindari terjadinya hal di masa lalu terulang kembali, maka pihak takmir dengan persetujuan yayasan membuat prasati yang berisi maklumat yang menegaskan kalau Abu Adenan ini berpedoman pada amaliah Aswaja An Nahdliyah yang menjadi pedoman warga .

"Masjid ini dihibahkan dan dibangun untuk syiar . Karena itu kami punya tanggungjawab untuk menjaga amanat itu. Jangan sampai ini direbut oleh pihak dengan paham jauh dari Aswaja. Tapi siapapun tidak dilarang untuk beribadah di sini. Orang di luar silahkan kalau mau salat di sini, selama menghormati nilai-nilai Aswaja An Nahdliyah yang menjadi pedoman di ini," pungkas Haji Yayat.

Turut hadir dalam acara penandatanganan prasasti Aswaja An Nahdliyah di Masjid Abu Adenan, Ketua MWC Kecamatan Karang Pilang, KH. Abbas, S. Ag dan Kapolsek Karang Pilang, Kompol Widjanarko, serta Ketua PAC GP Ansor Karang Pilang, Budhi Hadi Syahputra. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Prof KH Imam Ghazali: Ajaran Wahabi Sudah Tak Relevan, Raja Saudi Tertarik Islam Moderat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO