Jumat, 23 Agustus 2019 06:17

Kasatlantas: Biaya Pembuatan SIM di Jember Sesuai Aturan

Selasa, 11 Juni 2019 22:21 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Kasatlantas: Biaya Pembuatan SIM di Jember Sesuai Aturan
Ilustrasi

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael membantah informasi yang beredar di media sosial (medsos) Facebook yang menyebutkan bahwa biaya untuk membuat surat izin mengemudi (SIM) tipe A ataupun C mencapai ratusan ribu rupiah.

Ia menjelaskan, bahwa biaya pembuatan SIM telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang PNBP.

"Jadi biaya pembuatan SIM baru itu, urutannya untuk SIM A Rp 120 ribu, SIM B1 Rp 120 ribu, SIM B2 Rp 120 ribu, SIM C Rp 100 ribu, dan SIM D Rp 50 ribu," ujar Kasatlantas saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa petang (11/6/2019).

Terkait proses mendapatkan SIM tersebut, kata Edwin, sesuai dengan aturan juga ada syaratnya. "Sehat jasmani rohani, mengikuti tahapan tes tulis, praktek, dan juga surat keterangan sehat," sebutnya.

Menanggapi adanya info di medsos yang menyebut bahwa biaya untuk membuat SIM bisa mencapai hingga ratusan ribu rupiah serta tanpa melalui tes, ia menegaskan jika hal itu tidak benar. "Informasi tersebut tersebar di medsos dan tidak benar. Di Jember tidak seperti itu. Semisal berita sebelumnya anggota dewan yang biayanya sampai Rp 155 ribu. Sudah diklarifikasi Biaya itu untuk perpanjangan SIM A dan SIM C yang sudah habis masa berlakunya," sambung Edwin.

Edwin juga menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meminta untuk melaporkan jika diketahui ada oknum masyarakat atau calo yang menarik nominal pembuatan SIM baru tidak sesuai aturan.

"Silakan langsung laporkan kepada kami, nanti akan kami tindak tegas sesuai dengan peraturan. Karena kami berusaha memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, ramai dibahas tentang biaya pengurusan SIM baru baik tipe A dan C di Jember dan Lumajang yang mencapai Rp 500 - 900 ribu. Namun, Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaedi kemudian membantah jika itu tidak benar. Kebetulan ia saat itu tengah mengurus SIM mengaku antre dengan tertib di Satlantas Polres Jember Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (11/6/2019).

Bahkan legislator dari PKB ini menilai, pengurusan SIM lancar dan cepat tanpa harus menunggu lama. Meskipun ia sempat mengalami kendala karena material bahannya habis.

"Tetap tidak jadi masalah dengan diganti menggunakan surat keterangan. Saya mengurus perpanjangan SIM A dan SIM C yang sudah habis masa berlakunya. Biaya total Rp 155 ribu," kata pria yang akrab dipanggil Cak Ayub itu.

"Tidak benar isu yang katanya sampai Rp 500 - 900 ribu itu. Karena pada kenyataannya sesuai dengan aturan," sambungnya. (jbr1/yud)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...