Masuk Kerja Pertama, Habib Hadi Cek Absensi ASN

Masuk Kerja Pertama, Habib Hadi Cek Absensi ASN Wali Kota Habib Hadi mengecek absensi kehadiran para ASN.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Hari pertama setelah libur panjang lebaran, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dia mengecek absensi kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kantor pertama yang disidak adalah kantor BPPKAD yang bersebelahan dengan ruang kerja wali kota. Dia didampingi beberapa pejabat terkait seperti Asekbang, Ahmad Sudiyanto.

Habib Hadi sengaja berdiri menunggu pegawai BPPKAD untuk melakukan absensi. Melihat itu, karyawan BPPKAD pun berlarian menuju kantornya agar tidak terlambat absen sebelum jam 07.30.

Di BPPKAD terdapat dua mesin absensi. Satu khusus untuk ASN, satu mesin untuk THL (tenaga harian lepas). “Data absensinya nanti diprint, diambil, supaya tahu mana yang absen atau belum,” kata wali kota.

Setelah dari BPPKAD, Habib Hadi bergeser ke kantor Bagian Humas dan Protokol. “Mana bagian IT-nya di sini? Segera diprint absensinya,” ujarnya setelah masuk ke ruangan kantor.

OPD lain yang didatangi oleh wali kota adalah Bagian Hukum. Di lingkungan sekretariat tidak ditemukan karyawan yang bolos kerja. Ada beberapa yang sakit dan sudah disertai surat dokter.

“Alhamdulillah sudah saya cek. Semua hadir. Tidak ada lagi manipulasi data karena OPD sudah pake finger print, absen menggunakan face dan sidik jari. Ke depan kami akan tingkatkan keakurasian, jika terjadi pelanggaran akan terdeteksi,” jelas Habib Hadi.

Di , terdapat lebih dari 4.000 yang tersebar di berbagai OPD. Jika nantinya data BPKSDM menunjukkan ada karyawan absen, Wali Kota Habib Hadi akan menegakkan aturan tegas. Ia akan memanggil dan melihat apakah ada unsur kesengajaan sehingga tidak ngantor. “Selain itu, day by day akan kami sidak untuk mengetahui tingkat kedisplinan ASN,” katanya. (ndi/rus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO