Minggu, 20 Oktober 2019 14:23

​Pilwali Surabaya, Risma Dikabarkan Dukung Ery Cahyadi, Cak Ipin Diisukan Cari Dukungan MWCNU

Kamis, 06 Juni 2019 21:57 WIB
Editor: Tim
​Pilwali Surabaya, Risma Dikabarkan Dukung Ery Cahyadi, Cak Ipin Diisukan Cari Dukungan MWCNU
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Megawati Soekarnoputri. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kota Surabaya ternyata kini ramai memperbincangkan calon wali kota Surabaya. Maklum, para pimpinan NU tingkat kecamatan itu mulai didatangi para politikus yang akan maju sebagai calon walikota pada pemilihan wali kota (Pilwali) Surabaya yang akan berlangsung pada 2020 nanti.

Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Krembangan Moh Siri kepada BANGSAONLINE.com mengakui kini banyak sekali politikus yang sudah mengontak dirinya. “Ya, banyak sekali, minta ketemu habis lebaran,” kata Moh Siri kepada BANGSAONLINE.com, Kamis sore (6/6/2019).

Menurut Siri, menghangatnya isu pilwali di kalangan para ketua MWCNU dimulai sejak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini “merapat” ke PCNU Kota Surabaya pada 2018 lalu. Moh Siri menduga, Risma mendekati NU karena punya kepentingan mendukung Ery Cahyadi sebagai calon wali kota Surabaya. Ery Cahyadi adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Ery dikenal sebagai orang dekat Bu Risma – panggilan Tri Rismaharini. “Dulu Bu Risma sulit dihubungi, kalau diundang PCNU gak pernah datang,” kata Moh Siri. Tapi sejak 2018 lalu, kata Siri, Bu Risma mulai merapat ke PCNU.

“Waktu Musker PCNU di Hotel Tunjungan Bu Risma yang memfasilitasi. Bahkan yang buka Musker PCNU itu Bu Risma (sendiri),” kata Moh Siri.

Menurut Siri, isu yang berkembang di kalangan ketua MWCNU bahwa Ery akan dipasangkan dengan Dr. KH. Muhibbin Zuhri, ketua PCNU Kota Surabaya. “Tapi kata teman-teman MWC, nggak tahu, apakah Cak Ibin (panggilan Muhibbin Zuhri) akan dicalonkan sebagai calon wakil wali kota atau hanya diperalat saja,” tegas Siri mengutip wacana yang berkembang di kalangan MWCNU.

(Moh Siri, Ketua MWCNU Krembangan Surabaya (paling kiri) bersama para kiai dan pengurus NU serta kader NU saat acara peringatan Hari Santri Nasional yang digelar MWCNU Krembangan di alun-alun Bangunsari Surabaya, Sabtu (3/10/2018). Tampak juga Ketua PCNU Kota Surabaya Dr KH Muhibbin Zuhri (nomor tiga dari kanan), Em Mas'ud Adnan, Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com (nomor tiga dari kiri) dan Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (nomor empat dari kiri). foto: BANGSAONLINE.com)

Yang jelas, menurut Siri, kini Cak Ibin intensif turba ke MWCNU. “Tempo hari PCNU mengadakan safari Ramadan. Padahal sebelumnya gak pernah bikin acara seperti itu. Saya gak tahu biayanya dari mana. Tapi semua pembelian untuk kegiatan acara (safari Ramadan) dimintai kwitansi. Untuk acara di Demak kan saya ketua panitianya,” kata Siri.

Ia mencontohkan beli bahan backdrop acara Safari Ramadan. “Untuk backdrop itu biayanya habis Rp 270 ribu, saya dimintai kwitansi. Padahal biasanya kalau ada acara NU gak pernah dimintai kwitansi,” kata Siri.

Begitu juga Ery Cahyadi. Menurut Siri, Ery Cahyadi kini rajin datang ke acara PCNU Kota Surabaya. Bahkan sewaktu PCNU Surabaya mengadakan acara Madrasah Kader NU (MKNU) di Mojokerto Ery datang. “Ya, saya ketemu Pak Ery,” tutur Siri terus terang.

Menurut Siri, selain Ery Cahyadi yang merapat ke PCNU, juga Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin yang akrab dipanggil Cak Ipin. “Ajudannya telepon saya, minta ketemu setelah lebaran untuk bicara pilwali,” tutur Moh Siri yang dikenal sebagai sekretaris Forum Komunikasi Ababil ini.

Ketika BANGSAONLINE.com mempertegas, apa benar secara terang-terangan akan membicarakan pilwali, Moh Siri secara tegas bilang ya. “Ya, benar ngajak ketemu untuk bicara pilwali,” tegas Siri yang berprofesi sebagai guru itu.

Siri juga mengaku diundang saat Nur Arifin mengumpulkan massa nonton bareng (nobar) Final Liga Champions 2019 di Surabaya. “Saya dikontak diminta merapat. Tapi saya pas ada acara lain,” kata Moh Siri.

Tapi Cak Ipin saat itu membantah nobar itu terkait pilwali. Menurut dia, nobar itu tak terkait politik. Ia beralasan, tahun lalu saat Liverpool melawan Real Madrid dirinya juga datang ke Surabaya. “Yang pasti tidak ada kaitannya dengan politik-politikan,” katanya.

Baik Risma maupun Cak Ipin menjadi kepala daerah berangkat dari PDIP. Ini berarti persaingan internal PDIP dalam Pilwali sangat ketat. Apalagi DPC PDIP Kota Surabaya dipastikan mendukung Wisnu Sakti Buana. Sumber BANGSAONLINE.com di DPC PDIP Surabaya menyebutkan bahwa Wisnu harga mati untuk calon wali kota Surabaya. “Tapi nanti juga tergantung DPP,” ungkap sumber itu. Wisnu kini selain menjabat sebagai ketua DPC PDIP Kota Surabaya juga Wakil Wali Kota Surabaya. (tim)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...