Amien Dianggap Pentingkan Pribadi, Tak Peduli Agenda Kebangsaan

Amien Dianggap Pentingkan Pribadi, Tak Peduli Agenda Kebangsaan Amien Rais. Foto: tribunnews.com

JAKARTA(BangsaOnline) Ketidakhadiran Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional Amien Rais saat pelantikan Presiden Joko Widodo memunculkan sejumlah pertanyaan. Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti mengatakan Amien lebih mementingkan agenda pribadi ketimbang agenda kebangsaan.

"Saya kira Amien Rais sudah tidak peduli terhadap agenda kerakyatan dan kebangsaan," ujar Ray saat dihubungi Tempo, Senin, 20 Oktober 2014. Padahal, menurut Ray, pelantikan presiden merupakan momen yang bersejarah dan akan selalu diingat oleh masyarakat.

Seharusnya, ujar Ray, ada alasan yang kuat mesti dijelaskan atas ketidakhadiran Amien Rais tersebut. Terlebih, Amien merupakan tokoh nasional. "Kalau alasan sakit mungkin bisa diterima," katanya. "Amien tidak hadir, ini akan dikenang juga."
Pada Rabu, 15 Oktober 2014, di Gedung DPR, Amien Rais mengatakan ingin menghadiri pelantikan Joko Widodo. Namun, niat Amien itu pupus lantaran dia mengaku tidak mendapat jatah undangan. "Kalau saya dapat undangan, saya datang. Tapi saya sudah enggak dapat undangan, sebagai apa?" ujarnya.

Pernyataan Amien ini bertolak belakang dengan pengakuan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan seusai melantik presiden hari ini. Menurutnya, mantan Ketua PAN tersebut tidak hadir karena sedang ada acara keluarga di Yogyakarta.

Pernyataan itu pun juga dibenarkan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, bila Amien telah diundang menghadiri pelantikan. Namun, terganjal lantaran ada agenda yang tidak bisa ditinggal. "Kebetulan Pak Amien ada agenda yang tidak bisa ditinggal."

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO