Partai Besutan Amien Rais Kalah Elektabilitas, Partai Gelora Tertinggi di antara Partai-partai Baru

Partai Besutan Amien Rais Kalah Elektabilitas, Partai Gelora Tertinggi di antara Partai-partai Baru Para pendiri Partai Gelora. doto: ist/ bangsaonline.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Politikus senior Amien Rais tampaknya harus waspada dan kerja lebih keras lagi. Hasil survei terbaru, Partai Umat yang didirikan mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu tertinggal dari Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia besutan Anis Matta, Fahri Hamzah, dan Mahfuz Sidik.

Bahkan Gelora memiliki popularitas dan elektabilitas tertinggi di antara partai-partai baru, karena tingkat pengenalannya kepada publik dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif.

Data tersebut disampaikan Project Manager Rekode Research Center Lisdiana Putri saat memaparkan hasil survei nasional dengan tajuk 'Peluang Partai Baru Mewarnai Politik Indonesia 2024' di Jakarta, Selasa (1/6/2021).

"Tingkat pengenalan atau popularitas, dan elektabilitas besutan politisi Anis Matta tertinggi di antara partai-partai baru. Disusul oleh Partai Umat, Partai Masyumi Reborn, dan urutan paling buncit adalah Partai Hijau," kata Lisdiana dalam rilisnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (1/6/2021).

Menurut Lisdiana, survei dilaksanakan dari tanggal 26 April sampai 8 Mei 2021 dengan sampel 1.210 responden, tersebar di 34 provinsi.

Usia minimum sampel 17 tahun, atau sudah memenuhi syarat sebagai pemilih. Margin error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dari total 1.210 responden, ada sebanyak 190 responden atau 15,7% menyatakan belum/tidak memilih partai-partai yang ada.

Dari total responden yang belum/tidak memilih tersebut, mereka menyatakan tahu (32,1%), Partai Umat (30.0%), Partai Masyumi Reborn (30.0%), dan Partai Hijau (9.5%).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO