Peringati Harkitnas, Bupati dan Dandim Pacitan Tabur Bunga di TMP Kusuma Bangsa

Peringati Harkitnas, Bupati dan Dandim Pacitan Tabur Bunga di TMP Kusuma Bangsa Kegiatan tabur bunga di TMP Kusuma Bangsa Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Puncak peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei di Kabupaten Pacitan ditandai dengan kegiatan upacara bendera. Setelah itu, Bupati Indartato dan Wabup Yudi Sumbogo beserta jajaran Forkopimda juga melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa.

Dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indartato mengingatkan tentang bulan bakti gotong royong ke 116 serta isi dari Sumpah Palapa.

"Dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: sira gajah madapatih amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira gajah mada Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seran, tañjung pura, ring haru, ring pahang, dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa," kata Indartato membacakan sambutan Menkominfo.

Menurutnya, ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan "amukti palapa". Meski sampai saat ini belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gadjah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara.

"Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini," tukasnya.

Sementara Dandim 0801 Pacitan Letkol (kav) Aristoteles HENGKENG Nusa Lawitang, menambahkan kegiatan ziarah makam ini sebagai wujud pengabdian dan kepedulian kepada para pahlawan.

"Kegiatan upacara dan ziarah di taman makam pahlawan ini dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional Ke-111. Selain itu juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa dan negara," ujar Dandim usai melakukan tabur bunga. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO