LAZ Sidogiri, Pemkab Bangkalan, dan HARIAN BANGSA Safari Ramadan Bersama Yatim, Duafa dan Guru Ngaji

LAZ Sidogiri, Pemkab Bangkalan, dan HARIAN BANGSA Safari Ramadan Bersama Yatim, Duafa dan Guru Ngaji Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan bersama perwakilan para guru gaji yang menerima bingkisan Ceria Ramadhan di Pendopo Agung, Sabtu (18/05).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Amal Zakat (LAZ) Sidogiri dan Pemerintah Kabupaten Bangkalan bekerja sama dengan HARIAN BANGSA dan Bangsaonline.com menggelar Safari Ramadhan Bersama Yatim dan Dhuafa di Pendopo Agung, Sabtu (18/05)

"Alhamdulillah bulan Ramadan 1440 H, mampu memberikan bingkisan kepada 175 anak yatim dan duafa serta 175 guru ngaji dari 18 Kecamatan di Kabupaten Bangkalan, atas bantuan para donatur. Safari Ramadan ini sudah memasuki tahun kesepuluh," kata Ketua LAZ Sidogiri Cabang Bangkalan KH. Mohammad Ali Ghafir.

"Safari Ramadan yang digelar setiap bulan suci merupakan serangkaian dari 3 kegiatan dari Ceria Ramadhan yaitu bagi-bagi takjil, bingkisan guru ngaji, santunan anak yatim dan dhuafa," tutur Pengasuh Pondok Yakholqi.

Rangkaian acara Safari Ramadan kurang lebih menghabiskan dana sekitar Rp 107 juta. Harapan dan visi-misi LAZ Sidogiri yakni membantu yatim duafa dan guru ngaji agar bisa berdiri sendiri. Dana dari para donatur diwujudkan dalam bentuk santunan berupa uang tunai, Alquran, sembako, dan bingkisan Lebaran.

"Sebenarnya selain itu, setiap tahunnya LAZ memberikan bantuan kepada masyarakat tidak mampu, baik bantu komsumtif sembako, pakaian, serta bantuan produktif. LAZ Sidogiri memberikan dana tunai bagi yang membutuhkan pendanaan untuk pengembangan usaha kecil," rinci KH. Mohammad Ali Ghafir.

Sementara sumber dana dari kegiatan ini murni dari donatur baik dari zakat, infaq umum atau infaq bersyarat seperti mereka para donasi meniatkan untuk diberikan hari ini, atau diberikan kepada yatim. Dia berharap masyarakat yang memiliki reziki lebih untuk dapat menyalurkan zakatnya kepada lembaga lembaga amil zakat resmi.

"Pendistribusian sumbangan yang diberikan pada kita tepat sasaran dan tidak ada unsur riya' karena sudah berdasarkan hukum fiqih,"pinta dia.

Bupati Bangkalan, Ra Latif dalam sambutannya berterimakasih kepada LAZ Sidogiri karena turut serta meringankan program kerja Pemkab berupa santunan kepada anak yatim dan dhuafa serta anak ngaji. (bkl3/uzi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Setahun Tak Ada Kabar, Korban Longsor di Desa Ngetos Nganjuk Tagih Janji Relokasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO