Tradisi Rutin, Megawati Nyekar ke Makam Bung Karno Jelang Ramadan

Tradisi Rutin, Megawati Nyekar ke Makam Bung Karno Jelang Ramadan Megawati bersama rombongan saat tiba di komplek Makam Bung Karno.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Presiden kelima RI Soekarnoputri nyekar ke Makam Bung Karno (MBK) Rabu (1/5/2019). Ziarah ke makam presiden pertama sekaligus ayahnya ini menjadi agenda rutin sekeluarga menjelang bulan Ramadhan. 

Tak hanya bersama kelurga, dalam rombongan yang tiba di area MBK sekitar pukul 12.30 WIB itu juga nampak Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDIP Ahmad Basarah dan Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, serta sejumlah kader PDIP Provinsi Jatim.

Kedatangan dan rombongan disambut Plt Wali Kota Blitar Santoso dan Bupati Blitar Rijanto. Tampak juga Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Said Novandi dan Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo.

Usai ziarah Wasekjen DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, ziarah ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun menjelang Ramadhan. "Tradisi nyekar atau ziarah adalah tradisi kultural yang selalu dilakukan menjelang Ramadhan, setiap tahun. Baik untuk Bu Mega maupun untuk keluarga besar PDI perjuangan," jelas Ahmad Basarah. 

Dalam kesempatan itu, Ahmad Basarah juga mengucapkan syukur kepada Tuhan YME, pelaksanaan Pemilu di Indonesia berjalan lancar dan tertib. Dia berharap tahapan Pemilu 2019 ini terus berjalan lancar sampai pelantikan Presiden pada Oktober 2019 mendatang.

"Tentunya dalam kesempatan ini, Bu Mega juga juga ingin mengucapkan syukur Allah SWT karena proses Pemilu 2019 berjalan lancar dan tertib," ujarnya.

Pantauan di lapangan, begitu tiba bersama rombongan langsung masuk ke area makam. Mereka berdoa di pusara Bung Karno dan melakukan tabur bunga. Namun, sejumlah awak media dilarang mengambil gambar dan video di dalam area makam. Mereka hanya diperbolehkan mengambil gambar saat rombongan tiba dan selesai berdoa di MBK.

Usai ziarah, rombongan kemudian langsung bergeser ke Pendopo Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar untuk makan siang sebelum bertolak kembali ke Jakarta melalui Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO