SMPN 6 Tuban Deklarasi Sekolah Ramah Anak

SMPN 6 Tuban Deklarasi Sekolah Ramah Anak Kepala Disdik Tuban Nur Khamid, bersama Kepala Sekolah SMPN 6 Tuban Fathul Muin dan dewan guru saat mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Tuban resmi mendeklarasikan diri sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA), Jum'at (26/4). Deklarasi yang digelar di halaman sekolah setempat diikuti 789 siswa dan seluruh guru, serta karyawan SMPN 6.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid, memimpin deklarasi tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan secara bersama-sama dengan kepala sekolah berserta tenaga pendidik.

Nur Khamid menjelaskan, launching sekolah ramah anak merupakan bagian upaya mewujudkan Tuban sebagai kabupaten layak anak. Tujuannya, menjamin seluruh hak-hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan dengan nyaman, baik secara fisik, lingkungan, maupun psikologi. 

"Kami mengapresiasi tentang adanya kegiatan deklarasi ini. Dengan kegiatan ini agar tidak terjadi bullying antar siswa," ungkapnya. 

Menurut Nur Khamid, ke depannya sekolah ramah anak ini akan diterepakan dari tingkat taman kanak-kanak sampai dengan SMA atau sederajat. Harapannya, untuk memberikan rasa senang dan nyaman kepada anak-anak didik serta para guru.

"Karena sekolah adalah lembaga pendidikan, jadi upaya-upaya mendidik harus ditonjolkan. Bukan menghukumnya, tapi mendidiknya," tukasnya.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 6 Tuban Fathul Muin menceritakan proses deklarasi tersebut berawal dari materi tentang SRA yang didapat dari fasilitator nasional. Usai mendapatkan materi, pihak sekolah kemudian berani mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak.

"Saya harap dukungan semuanya dari guru maupun murid, untuk mewujudkan sekolah ramah anak ini," ujarnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO