Ketua KPU Pacitan Berharap Sistem Pemilu Bisa Lebih Simpel

Ketua KPU Pacitan Berharap Sistem Pemilu Bisa Lebih Simpel Damhudi, Ketua KPU Pacitan saat menjenguk salah seorang anggota KPPS yang dirawat di RSUD.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Duka mendalam masih dirasakan semua penyelenggara pemilu di atas gugurnya ratusan petugas KPPS maupun Panwas dalam melaksanakan tugas kepemiluan.

Ketua KPU Damhudi menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya ratusan penyelenggara maupun pengawas pemilu tersebut.

"Sebagai orang tua dan sebagai anggota KPU di sebuah kabupaten/kota, kami sampaikan duka cita sangat dalam atas wafatnya ratusan penyelenggara pemilu tersebut. Semoga jasa mereka dalam menjalankan tugas mulia ini akan diganjar dengan pahala oleh Allah SWT. Dan bisa dikenang di sepanjang pelaksanaan pemilu ke depannya," ujar Damhudi, Rabu (24/4).

Menurut Damhudi, khusus di sedikitnya ada 40 penyelenggara pemilu yang harus menjalani perawatan. Sedangkan 7 orang di antaranya saat ini masih menjalani rawat inap di rumah sakit.

"Mereka mengalami berbagai masalah, namun terutama karena kelelahan dan depresi karena mereka bekerja penuh tekanan dan ketakutan," ungkap dia.

"Namun begitu, mereka sudah membuktikan di balik beratnya tugas yang mereka emban, pemilu serentak yang kali pertama dilaksanakan di negara ini bisa berlangsung aman, lancar, dan damai. Sekalipun ada juga persoalan-persoalan kecil, akan tetapi bisa teratasi oleh peran TNI/Polri dalam melakukan tindakan pengamanan. Kami sangat mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada mereka," tuturnya.

Terkait jatuhnya 119 korban jiwa, Damhudi berharap kepada pemerintah dan stakeholder yang ada agar ke depannya bisa meninjau ulang sistem kepemiluan.

"Bagaimana sistem kepemiluan nantinya bisa lebih disimpelkan dengan kemajuan teknologi yang kita punya saat ini. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya konflik dan korban bagi penyelenggara pemilu," harapnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO