Wagub Jatim Ajak Remaja Paham Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

Wagub Jatim Ajak Remaja Paham Kesehatan Reproduksi Sejak Dini Wagub Jatim Emil Dardak saat menghadiri Talkshow Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Goes to School Tahun 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengajak kepada para remaja di Jawa Timur untuk semakin memahami kesehatan reproduksi mereka sejak usia dini. Pasalnya, dengan pemahaman tersebut diharapkan para remaja mengerti betapa pentingnya soal kesehatan reproduksi. 

“Dari sekarang harus paham, bukan hanya remaja putri sebagai calon ibu, tapi juga remaja putra. Kita ingin mengenalkan apa itu kesehatan reproduksi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Emil, sapaan lekat saat menghadiri Talkshow Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Goes to School Tahun 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (23/4).

Menurutnya, reproduksi bukan lagi hal tabu. Sehingga para remaja harus diberikan edukasi sedini mungkin tentang risiko bila ia melakukan seks pranikah ataupun pernikahan dini. Apalagi usia remaja adalah fase seorang anak menuju dewasa, di mana mereka suka mencoba hal baru.

“Menjadi dewasa bukan sekadar menuntut hak, tapi menjalankan kewajiban. Tidak hanya sekadar dewasa, tapi juga bertanggung jawab. Nilai tanggung jawab ini salah satunya bisa dibangun dengan edukasi semacam ini,” jelasnya.

Untuk itu, para remaja tidak hanya diberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi, tapi juga edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan jiwa, kesehatan intelegensia, sampai dengan nutrisi atau gizi yang baik.

“Gizi atau nutrisi yang baik ini erat kaitannya dengan stunting, karena mencegah stunting bisa dimulai dari kesehatan ibu, bawaan gizi sang ibu. Jadi calon ibu atau remaja putri harus dibekali dengan kesehatan yang baik sedini mungkin dan nutrisi yang cukup,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO