Sabtu, 18 Januari 2020 01:53

Buka Kampung Literasi di Sidoarjo, Ketua TP PKK Kagumi Semangat Warga Tebel​

Selasa, 23 April 2019 19:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Buka Kampung Literasi di Sidoarjo, Ketua TP PKK Kagumi Semangat Warga Tebel​
Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin saat membuka Kampung Literasi didampingi Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Saifuddin.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin membuka Kampung Literasi Tapak Kalibendo di Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo. Arumi kagum melihat semangat masyarakat secara mandiri mendirikan perpustakaan di pinggir kali.

Dalam acara pembukaan tersebut, mantan artis sinetron ini didampingi oleh Olga Lidya dan Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin serta tokoh literasi Sidoarjo.

"Melihat semangat ibu-ibu di Kampung Tebel, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo yang gemar membaca, bahkan mendirikan perpustakaan ini kami merasa kagum dan bangga," kata istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak kepada wartawan, Selasa (23/4).

Arumi mengaku, dengan kondisi serba pas-pasan ibu-ibu dan remaja di kampung literasi ini patut dicontoh untuk disebarkan ke daerah lain. Pihaknya mengagumi bahwa di lokasi pinggir kali bahkan dekat dengan TPU pun ada tempat buku yang sewaktu-waktu bisa dibaca.

"Ini sangat luar biasa di tiap-tiap lorong, bahkan di pinggir kali pun ada perpustakaan mini. Karena dengan modal membaca masyarakat itu menambah wawasan dan pengetahuan," tambah Arumi.

Menurut Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin mengatakan, Pemkab Sidoarjo akan mendorong semangat masyarakat yang peduli dengan literasi. Karena dengan keberadaan perpustakaan itu masyarakat tersebut akan memiliki wawasan yang lebih tinggi.

"Rencana ke depannya kampung seperti ini akan diterapkan di daerah lain. Dan Pemkab Sidoarjo akan mendukung kampung literasi seperti ini," kata Cak Nur, panggilan akrab Nur Achmad Saifuddin Wakil Bupati Sidoarjo.

Di tempat yang sama Olga Lidya mengatakan, kampung literasi yang ada di Desa Tebel Gedangan Sidoarjo ini merupakan kampung yang sangat menyenangkan. Karena masyarakatnya baik ibu-ibu maupun remajanya sangat peduli dengan literasi.

"Saat datang pertama kali di kampung ini, pada bulan yang lalu. Kami melihat sendiri semangatnya masyarakat membangun rumah buku, atau tempat-tempat bacaan dengan biaya sendiri itu sudah sangat luar biasa. Apalagi melihat anak-anak yang sedang membaca buku dilokasi yang sederhana ini itu kebanggaan buat aku," pungkas Olga. (cat/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Rabu, 15 Januari 2020 12:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...