Gubernur Inventarisir dan Kanalisasi Keunggulan SMK di Jatim

Gubernur Inventarisir dan Kanalisasi Keunggulan SMK di Jatim Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima cindera mata saat membuka Pameran Tugas Akhir SMKN 12 Surabaya di JX Internasional Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jatim sangatlah banyak dan memiliki beranekaragam kompetensi atau jurusan di dalamnya. Salah satunya, SMKN 12 Surabaya yang terkenal melahirkan banyak kreatifitas dan kerajinan di Jatim. Maka, guna mengoptimalkan mewujudkan SMK, Pemprov Jatim akan menginventarisir dan mengkanalisasi kebutuhan serta keunggulan dari SMK.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membuka Pameran Tugas Akhir SMKN 12 Surabaya di JX Internasional Surabaya, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, proses kanalisasi tersebut akan dipetakan oleh Pemprov Jatim lewat Dinas Pendidikan. Pada Nawa Bhakti Satya juga disebutkan bahwa terdapat program bagi kaum milenial yang cocok bagi generasi muda SMK yakni Millenial Job Center (MJC).

Nantinya, lanjut Khofifah lewat Milenial Job Center tersebut SMKN 12 yang terkenal dengan seni lukis, desain interior, desain komunikasi visual, animasi dan kriya akan disiapkan kanalisasinya lewat program penguatan atau pendalaman ilmunya lewat kursus pendidikan.

"Kami memiliki Milenial Job Center yang akan memberikan akses terhadap lulusan SMK. Di MJC tersebut, nantinya bentuk kanalisasi seperti apa saja yang harus disiapkan. Mungkin butuh kursus 6 bulan atau 1 tahun. Kita ingin memaksimalkan dari seluruh kreatifitas yang telah tumbuh dan dimiliki di SMKN 12 ini," tegasnya.

Dihadapan guru dan murid dari seluruh SMKN 12 yang hadir, Khofifah menegaskan, bahwa dalam otak manusia diketahui yakni adanya otak kiri dan kanan. Dimana fungsi keduanya mampu menggerakkan diri agar lebih sensitif dan kreatif. Karena sensitifitas dapat mencipatakan rasa.

"Rasa yang dimiliki oleh siswa harus diasah agar tumbuh dan salah satunya mengasah lewat kreatifitas siswa SMKN 12 Surabaya," imbuhnya.

Diakhir sambutannya, pihaknya mengajak semua siswa yang memiliki sosial media baik itu instagram, facebook atau tweater untuk mempromosikan SMKN 12 yang memiliki kreatifitas seni yang luar biasa ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO