Buka Rakor Linmas, Bupati Tuban Perintahkan Linmas Lindungi Masyarakat

Buka Rakor Linmas, Bupati Tuban Perintahkan Linmas Lindungi Masyarakat Suasana Rakor Kesiapsiagaan dalam rangka persiapan Pemilu 2019.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban H. Fathul Huda membuka Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam rangka Pemilihan Umum 2019 di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Kamis (4/4) 

Dalam sambutannyam, Bupati Tuban Fathul Huda mengingatkan agenda demokrasi pada 17 April mendatang, yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden; DPD; DPR RI; DPRD Provinsi, dan Kabupaten. Selain itu, juga akan ada Pemilihan Kepala Desa secara serentak se-Kabupaten Tuban pada 10 Juli 2019 mendatang.

Untuk menyukseskan itu semua, seluruh anggota Linmas diinstruksikan agar lebih waspada dalam menghadapi ancaman dan gangguan. Karena hal itu diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja; dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 dan dilanjut Peraturan Bupati Tuban Nomor 30 Tahun 2016 tentang Penyelengaraan Perlindungan Masyarakat.

"Setiap desa atau kelurahan diharapkan mampu menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Selain itu, anggota Linmas juga dapatnya memahami tugas dan tanggung jawabnya untuk mengarah ke intelegensi dan pola pikir untuk lebih siap dalam upaya melindungi masyarakat secara arif dan bijak," beber bupati.

Huda sapaan akrab Bupati Tuban, juga mengajak Satlinmas untuk merubah paradigma perlindungan masyarakat yang selama ini hanya bersifat responsif, menjadi lebih preventif. Hal ini sebagai upaya dalam mewujudkan kesiapsiagaan di lingkungan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan lebih siap apabila timbul permasalahan, sebab masyarakat yang lebih awal merasakan dampak dari suatu permasalahan.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Tuban, Heri Muharwanto menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk koordinasi dan sinergitas semua komponen dan lembaga terkait. Hal ini sebagai upaya mewujudkan Pemilu yang Kondusif, Aman dan Damai dalam menyongsong pesta demokrasi di Kabupaten Tuban.

"Kami terus berupaya meningkatkan koordinasi, secara internal serta melibatkan institusi terkait," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO