Ngopi Hukum Bersama KWG: Penegak Hukum di Gresik Pastikan Tak Tebang Pilih

Ngopi Hukum Bersama KWG: Penegak Hukum di Gresik Pastikan Tak Tebang Pilih Narasumber: Tursilowanto Harijogi, Bayu Probo Sutopo, Fransiskus Arkadeus Ruwe dan AKBP Wahyu S. Bintoro, dalam acara "Ngopi Hukum" yang digelar KWG. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIIK, BANGSAONLINE.com - Komunitas Wartawan (KWG) menggelar acara ngopi hukum bertajuk "Menakar Penegakan Hukum di " yang digelar di Hotel @HomePremiere, Jalan Kalimantan, GKB Cematan Manyar, Selasa (26/3) malam.

Acara ini menjadi sejarah dan cakrawala baru bagi KWG di bawah kepeminpinan M. Syuhud Almanfaluty, khususnya bagi masyarakat , dalam memberikan informasi atas perjalanan penegakan hukum di kota pudak ini.

Diskusi yang dimoderatori Agnes Santoso dari SBO TV tersebutb menghadirkan narasumber Bupati Sambari Halim Radianto yang diwakilkan Asisten I Sekda Tursilowanto Harijogi, Kajari Pandu Pramukartika diwakilkan Kasi Intel Bayu Probo Sutopo, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Fransiskus Arkadeus Ruwe, dan Kapolres AKBP Wahyu S. Bintoro.

Acara tersebut berlangsung interaktif dengan adanya sesi tanya jawab. Sejumlah pertanyaan muncul dari ratusan peserta ngopi hukum yang terdiri dari kepala OPD, pimpinan DPRD, pengacara, Polri, asosiasi kepala desa (AKD), ketua partai, perwakilan perusahaan, akademisi, wartawan, dan komponen masyarakat lain.

Salah satunya dilontarkan oleh Sekretaris DPC Peradi A. Fajar Yulianto yang mempertanyakan sejumlah perkara di Kejari dengan tersangka tunggal. Ia mencontohkan kasus korupsi dana Jaspel BPJS 2016-2017 Rp 2,451 miliar yang hanya menjerat mantan Kepala Dinkes dr. M. Nurul Dholam sebagai tersangka dan kini telah divonis 6 tahun penjara.

Begitu juga kasus-OTT di BPPKAD dengan barang bukti Rp 537 juta yang juga hanya menjerat mantan Sekretaris dan Plt Kepala BPPKAD M. Muktar. "Saya kira korupsi itu korporasi, tak bisa dilakukan hanya satu orang," cetus Fajar.

Hal serupa dilontarkan Ketua DPRD Ahmad Nurhamim. Ia meminta kepada aparat menindak dan mengusut sebuah kasus hingga tuntas sesuai prosedur hukum. "Semua yang terbukti salah harus ditindak agar tak ada opini buruk dari masyarakat," cetusnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO