Jumat, 29 Mei 2020 07:09

Maklumat MUI Gresik Soal Pemilu: Golput Haram

Selasa, 26 Maret 2019 14:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Maklumat MUI Gresik Soal Pemilu: Golput Haram
Jajaran pengurus MUI dan KPU Gresik foto bersama usai menggelar rapat di gedung Islamic Center, kompleks MAG, Selasa (26/3). foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik resmi mengeluarkan maklumat yang menghukumi wajib bagi masyarakat dalam memilih seorang pemimpin pada Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019. MUI juga menghukumi haram bagi masyarakat yang termasuk dalam golput (golongan putih).

Maklumat ini disampaikan dalam rapat di gedung Islamic Center, komplek Masjid Agung Indonesia (MAG), Selasa (26/3). Rapat ini juga diisi sosialisasi Pemilu oleh KPU Gresik.

"Larangan golput itu akan kami buatkan maklumat dan kami segera kirim ke MUI di setiap kecamatan. Kami akan meminta MUI di setiap kecamatan agar menyosialisasikan maklumat itu kepada masyarakat," ujar Ketua Bidang Fatwa MUI Kabupaten Gresik, KH. Ainur Rofiq Thoyib, Selasa (26/3).

Ia menjelaskan bahwa pemilu bertujuan untuk memilih pemimpin. Dalam Islam, memilih pemimpin adalah syar'i. "Sebab, kalau tak ada pemimpin, bisa kacau negara. Makanya, hukum memilih pemimpin itu wajib dan haram bagi masyarat yang memiliki hak pilih golput," tegasnya.

Ia mengungkapkan bahwa fatwa MUI yang mengharamkan masyarakat golput sudah lama dicetuskan. "Namun faktanya masih banyak masyarakat yang golput. Hal ini terjadi karena kurangnya sosialisasi," katanya. "Padahal, mencoblos itu pahala," imbuhnya.

Untuk itu, agar maklumat MUI Gresik ini bisa sampai ke masyarakat, pihaknya meminta agar maklumat tersebut disosialisasikan saat khutbah shalat Jumat. "Kami berharap presiden yang terpilih bisa bermanfaat bagi masyarakat keseluruhan," tukasnya.

Maklumat yang dikeluarkan MUI Gresik mendapatkan dukungan dari MUI tingkat kecamatan. Sururi misalnya, Sekretaris MUI Kecamatan Driyorejo ini menyetujui bahwa maklumat larangan golput dan wajib mencoblos harus disosialisasikan secara luas kepada masyarakat.

Sementara Komisioner KPU Gresik Divisi SDM dan Sarpras, Makmun, berharap upaya-upaya yang telah dilakukan sejumlah pihak dalam menyukseskan Pemilu 2019, bisa berimbas pada meningkatnya partisipasi masyarakat.

Pada kesempatan ini, MUI Gresik juga membahas soal pemberian uang kepada pemilih yang dihukumi haram. M. Turki, perwakilan MUI Ujungpangkah menyatakan bahwa Islam melarang adanya money politic. Begitu juga di Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, juga dilarang dan masuk pidana Pemilu. "Kami minta Bawaslu ada operasi tangkap tangan (OTT) gerakan serangan fajar," pintanya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...