Selasa, 17 September 2019 12:25

Miliki Pasar Ramah Lingkungan, Pemkab Pasuruan Raih Penghargaan dari Presiden RI

Rabu, 13 Maret 2019 19:38 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Miliki Pasar Ramah Lingkungan, Pemkab Pasuruan Raih Penghargaan dari Presiden RI
Bupati Pasuruan saat foto bersama usai menerima penghargaan dari Presiden RI.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pasuruan kembali mencatatkan prestasi membanggakan. Kali ini, penghargaan diberikan lantaran Plaza Pasar Gempol Kabupaten Pasuruan terpilih sebagai pasar ramah lingkungan terbaik se-Indonesai bersama dengan 5 kabupaten lainnya.

Anugerah tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dalam acara Peresmian dan Penyerahan Penghargaan Pasar Rakyat Indonesia, serta Pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan RI, di Gedung Indonesia Center Exhibition, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Selasa (12/3).

Menurut keterangan Kepala Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Pasuruan Ir. Edy Suwanto yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menjelaskan, ada beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasar daerah.

"Di antaranya soal penanganan sampah, harus ada IPAL, menjaga kebersihan, fasilitas penampungan sampah, serta ada tanaman penghijauan. Juga soal ketertiban pedagang, penerangan, dan sirkulasi udara," jelas Edy.

Mantan Kepala Disbunhut ini menambahkan, untuk penanganan masalah kebersihan di Pasar Gempol, pihak Disperindag menyiagakan beberapa orang kru pasar yang bertugas membersihkan lingkungan pasar.

"Lorong, dan kios, sampai halaman dan bedak atau los selama dua kali sehari. Sampah yang dibersihkan tersebut diangkut melalui container dan dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS) yang telah ditentukan," tambahnya.

Di Plasa Pasar Gempol juga sudah di dukung sarana IPAL yang di bangun tahun 2018 silam. Fungsi dari IPAL ini untuk menangani permasalahan limbah cair di dalam pasar untuk diolah dengan baik. Air limbah tidak langsung terbuang ke sungai, melainkan disaring melalui IPAL, sehingga tidak sampah menimbulkan bau tak sedap.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menjelaskan, prestasi yang diraih Pemkab Pasuruan merupakan hasil kerja keras semua pihak baik OPD maupun kepedulian yang konsisten dalam mematuhi aturan.

“Saya mengajak kepada para pedagang untuk ikut peduli memanfaatkan pasar sesuai dengan prinsip pasar itu sendiri, menjaga kebersihan dari sampah-sampahnya, menjaga ketertiban sehingga bisa nyaman bekerja di pasar,” ucap Irsyad kepada BANGSAONLINE.com.

Tak selesai sampai di situ, Gus Irsyad, sapaan Irsyad Yusuf juga mengimbau kepada seluruh pedagang pasar untuk ikut andil dalam pembangunan Pemkab Pasuruan. Salah satunya melalui pemenuhan retribusi pasar yang dampaknya akan kembali untuk pengembangan pasar itu juga.

“Kalau haknya telah diberikan, maka kewajiban juga pasti harus dilaksanakan. Adanya retribusi pasar juga sangat penting, karena hasil dari retribusi itu juga akan kembali dalam bentuk perbaikan fasilitas, pengembangan pasar dan kegiatan lainnya,” terangnya.

Dengan diraihnya penghargaan dari Presiden Jokowi, Irsyad berterima kasih kepada semua elemen masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, alim ulama, dan khususnya warga pasar (pedagang dan pembeli) yang terus meramaikan pasar rakyat sebagai jantung perekonomian daerah.

“Yang jelas, saya berterima kasih kepada semua masyarakat, sehingga saya kembali mendapatkan penghargaan dari Presiden Jokowi. Semoga ini menjadi motivasi kita untuk semakin maksimal dalam memberikan pelayanan.

(Plaza Pasar Gempol yang dinobatkan sebagai pasar ramah lingkungan)

Mengenal Lebih Dekat Plaza Pasar Gempol

Aktivitas para pedagang di pasar Gempol Kabupaten Pasuruan tampak berjalan seperti biasa, tidak ada yang menonjol. Tapi, ada pemandangan lain yang tidak dimiliki semua pasar, yakni berbagai varian tanaman yang tumbuh subur di sekitar Plaza Pasar Gempol. Tanaman tersebut tampak terawat baik serta didukung lingkungan pasar yang bersih.

BANGSAONLINE.com sengaja bertandang ke Plaza Pasar Gempol pada Rabu (13/3), untuk melihat langsung aktivitas dan sarana yang ada di pasar berlantai II tersebut. Selain itu juga melakukan wawancara dengan sejumlah pedagang di sana. Yang membuat terkejut, kabar jika Plaza Pasar Gempol mendapat penganugerahan dari Presiden RI Joko Widodo sudah tersebar di kalangan pedagang.

Para pedagang sendiri sempat kaget dengan prestasi cemerlang yang diraih Pasar Gempol tersebut. Pasalnya, pasar yang baru beroperasi tak lebih dari dua tahun ini, dengan anggaran mencapai Rp 25 miliar (Rp 20 miliar tahun 2016 dan Rp 5,1 miliar tahun 2017) tergolong masih berusia muda dibandingkan dengan pasar lainnya.

“Sempat kaget juga mendengar kabar dapat penghargaaan dari Presiden RI sebagai Pasar Ramah Lingkungan. Ini perlu disyukuri mas,“ jelas salah satu pedagang warung pada BANGSAONLINE.com.

Keterangan yang sama disampaikan oleh juru parkir di plaza pasar Gempol. Ia menuturkan bahwa untuk tanaman perindangan ditanam sekitar akhir tahun 2018 lalu, jenis tanaman bermacam-macam. Salah satunya yang terkenal adalah jenis pohon pule. Dengan ada tanaman tersebut pemandangan tampak rindang apalagi saat terik matahari.

Para pedagang berharap, dengan prestasi yang diraih ini menjadi motivasi untuk terus melakukan yang terbaik dengan cara menjaga kebersihan, ketertiban serta menjaga keamanan di lingkungan pasar.

”Yang penting lagi untuk para pedagang yang belum mendapat stan permanen juga diperhatikan oleh pihak Disperindag. Sehingga ada pemerataan pelayanan kepada pedagang di sini,“ jelas salah satu pedagang yang namanya enggan disebutkan. (bib/par/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...