Jangan Persoalkan Perbedaan Awal Idul Adha

Jangan Persoalkan Perbedaan Awal Idul Adha

KEDIRI – (BangsaOnline)

Meskipun pemerintah telah mengeluarkan keputusan bahwa Idul Adha jatuh pada 5 Oktober, namun sepertinya pelaksanaannya tak akan serentak.Sebab, sebelumnya, organisasi islam Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat penetapan hari-hari besar Islam. Dimana ditetapkan jatuh pada Sabtu, 4 Oktober.

Terkait dengan perbedaan penetapan , Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kediri menghimbau agar perbedaan tersebut tidak dipersoalkan. Seperti halnya terkait waktu atau antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi, atau sejumlah organiasi masyarakat Islam.


Kasi Bimbingan Masyarakat Kemenag Kota Kediri Muamal mengatakan, keputusan sidang Isbat Kementrian Agama menetapkan 10 Zulhijjah 1435 H jatuh pada Minggu 5 Oktober 2014. Sementara itu Arab Saudi menetapkan 10 Zulhijjah pada Sabtu 4 Oktober 2014.

“Wuquf di Arafah yang dilakukan seluruh jamaah haji dari seluruh penjuru Negeri dilaksanakan pada hari Jumat. Akan tetapi, masyarakat tetap dipersilakan jika melaksanakan puasa arafah pada hari Sabtunya. Perbedaan ini tidak perlu dipermasalahkan dan masyarakat harus mengutamakan toleransi beragama,” ungkap Muamal, Jumat (3/10).

Lebih lanjut ia menambahkan, meskpun penetapan berbeda, namun pihaknya menghimbau agar tidak sampai mengganggu nilai ibadah. Sebab ibadah tidak boleh dibangun di atas keragu-raguan. Apalagi perbedaan itu berkaitan dengan waktu serta tempat wilayah bagian barat dan timur.

Saat pengamatan 24 September kemarin posisi hilal tidak sampai 2 derajat di atas ufuk, maka diambil kebijakan isti’mal. Yaitu menggenapkan jumlah hari dalam bulan Zulkaidah menjadi 30 hari. Sehingga 1 Dzulhijah baru jatuh pada Jumat, 26 September. Itu artinya (10 Dzulhijah) jatuh pada Ahad (5/10), dan puasa Arafah jatuh pada Sabtu (4/10).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO