Rabu, 21 Agustus 2019 22:15

Bupati Sambari dan ASN Kenakan Pakaian Khas Gresik

Senin, 04 Maret 2019 12:13 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Bupati Sambari dan ASN Kenakan Pakaian Khas Gresik
Bupati Sambari, Wabup Qosim, dan Sekda Andhy saaf berfoto memakai baju khas Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wabup Moh. Qosim, Sekda Andhy Hendro Wijaya, serta semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Gresik mengenakan pakaian khas Gresik (PKG) saat apel pagi di halaman Kantor Bupati Gresik, Senin (4/3).

Hal ini dalam rangka memperingati HUT ke-45 Pemkab Gresik dan Hari jadi ke-532 Kota Gresik.

Penggunaan pakaian khas Gresik hanya dikenakan sehari pada Senin (4/3). Sedangkan pada Selasa sampai Jum’at mendatang, ASN Gresik memakai busana muslim.

Pakaian Khas Gresik bagi perempuan yaitu baju kebaya dipadu dengan sarung serta kerudung sarung (kurosi). Sedangkan PKG bagi ASN laki-laki mengenakan baju safari lengan panjang warna putih dan bawahan putih berlilit sarung, serta memakai kopiah.

Saat memimpin apel Senin (4/3) pagi, Bupati kembali mengingatkan akan adanya sanksi bagi ASN yang tak mengikuti apel. "Saya paham mungkin saat ini masih ada beberapa yang belum hadir, karena mencari PKG yang pas atau mungkin kurosinya ketlisut. Tetap saja ada sanksi bagi yang terlambat," ungkap Bupati didampingi Wabup dan Sekda.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno menyatakan, pengenaan PKG sudah tradisi pada setiap rangkaian pelaksanaan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik. "Di sini ada nilai-nilai bahwa busana tersebut berorientasi pada pakaian khas santri. Serba sarung, juga memberikan kesan bahwa Gresik adalah produsen sarung sejak dahulu," katanya.

"Ada ribuan penenun sarung yang ada di Gresik yang sampai saat ini masih ada. Jadi sesuai imbauan presiden untuk membudayakan pemakaian sarung, masyarakat Gresik sudah melaksanakan," sambungnya.

Selain pemakaian PKG, agenda peringatan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik di tahun 2019 kali ini diperingati beberapa acara lain yang kemasannya sangat sederhana. Hal ini karena berbarengan dengan kegiatan persiapan Pemilu 2019.

"Sesuai imbauan Bupati Gresik, bahwa tahun ini harus lebih banyak berdoa untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu," terangnya.

Beberapa rangkaian acara kerja bakti massal, lomba bulutangkis, ziarah ke makam pahlawan, upacara pada HUT Pemkab Gresik, serta pengenaan PKG.

Beberapa acara yang belum dilaksanakan yaitu Istighosah Kubro dilanjutkan dengan berziarah ke Makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim, serta ke makam Kanjeng Poesponegoro (Bupati pertama Gresik).

Beberapa kegiatan lain yaitu senam massal, Gresik Millenial Creative Expo. Sementara kegiatan yang tak kalah menariknya yaitu launching alun-alun kota Gresik dan pesta kuliner. Pada peringatan kali ini Bupati Gresik juga akan melaunching Super Mall Pelayanan Terpadu Gresik. (hud/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...