Enam Menteri Dilantik Jadi Anggota DPR, SBY Tunjuk Ad Interim

Enam Menteri Dilantik Jadi Anggota DPR, SBY Tunjuk Ad Interim Para pemimpin keagamaan menyumpah anggota DPR RI. Foto: tempo.co.id

JAKARTA(BangsaOnline) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menandatangani Keputusan Presiden mengenai pengganti menteri yang dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014- 2019. Keppres ini mengatur beberapa Menteri dan Wakil Menteri yang ditugaskan untuk menjadi Menteri sementara (ad-interim) karena menteri sebelumnya dilantik sebagai anggota DPR.

"Sudah, sudah diturunkan Keppres oleh Bapak Presiden," kata Chairul Tanjung di kantornya, Rabu, 1 Oktober 2014. Ia menyampaikan para pelaksana tugas pengganti menteri tersebut yaitu, Menteri Kehutanan yang dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

"Berarti Menko Perekonomian itu sudah merangkap menjadi Menteri ESDM dan Kehutanan," kata dia. Sedangkan jabatan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di rangkap oleh Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi.

Lalu, posisi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal di pegang oleh Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana. Sedangkan jabatan Menteri Perhubungan diisi oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. Posisi Menteri Informasi dan komunikasi dijabat sementara oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto. "Menteri Tenaga Kerja, saya lupa yaa siapa."
Chairul menyatakan meskipun masa kerja Menteri pengganti ini hanya 20 hari, namun ia meyakini pengisi jabatan sementara tersebut tetap akan bekerja secara efektif. "Ya harus efektif, semuanya harus efektif. Segala sesuatu harus berjaan sampai akhir masa periode 20 Oktober," kata Chairul.

Sebanyak 6 menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II resmi dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014-2019 pada hari ini, Rabu, 1 Oktober 2014. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan semua menteri yang akan dilantik tersebut telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO