Jumat, 19 Juli 2019 03:28

Wabup Pungkasiadi Buka Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa

Senin, 11 Februari 2019 17:49 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Wabup Pungkasiadi Buka Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa
Wabup Pungkasiadi saat menyalami peserta pelatihan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, telah membawa perubahan paradigma dari “Membangun Desa” menjadi “Desa Membangun”. Artinya desa dituntut siap untuk menata, mengelola, dan berkembang. 

Terlebih dengan adanya kucuran dana bantuan dengan nilai yang besar. Namun hal ini tidak bisa berjalan, apabila tidak ada perencananaan dan pengelolaan yang baik dari para aparatur pemerintah desa.

Hal ini ditekankan Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, saat membuka acara Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat bagi Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa se-Kabupaten Mojokerto Tahun Anggaran 2019, di Hotel Padepokan Cahaya Putra Trawas, Senin (11/2).

“Kapasitas dan integritas mutlak diperlukan, dari seluruh aparatur pemerintah desa. Sebab dana bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa-desa bisa mencapai ratusan triliun rupiah. Jumlah ini tidak sedikit, jadi saya mengharapkan SDM para aparatur pemerintah desa yang berkualitas, kreatif, inovatif, dan tanggungjawab seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata wabup.

Selain memberi motivasi kepada peserta pelatihan, Wabup juga menyempatkan diri untuk mengucapkan terima kasih kepada semua entitas Pemerintah Kabupaten Mojokerto atas perolehan prestasi Pemkab Mojokerto. Salah satunya perolehan predikat BB (sangat baik) atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018.

“SAKIP Kabupaten Mojokerto tahun 2018 mendapat predikat BB. Nilai ini meningkat dari sebelumnya predikat CC di tahun 2016, menjadi B (baik) dengan nilai 61,23 tahun 2017, hingga BB (sangat baik) dengan nilai 70,88 untuk tahun 2018. Dari anda semua lah ini bermula, yakni capaian kinerja pemerintah desa. Prestasi ini supaya diimplementasikan dalam peningkatan pelayanan publik, serta pembangunan di segala bidang untuk mensejahterakan masyarakat,” tambah wabup.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto, mengatakan dalam laporannya, menjelaskan bahwa acara ini dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan SDM dalam memahami konsep pemberdayaan masyarakat.

“Dari perjalanan APBDes sejak adanya UU Desa, porsi bidang pemberdayaan masyarakat di APBDes rata-rata tidak lebih dari 5% dianggarkan di dalamnya. Selebihnya adalah bidang pembangunan dan pemerintahan. Sehingga menurut kami, saat ini adalah waktunya menggalang SDM khususnya masyarakat di desa. Maka diperlukan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep pemberdayaan masyarakat,” kata Ardi.

Para peserta pelatihan yang terdiri dari 18 orang kasi pemerintahan kecamatan dan 299 orang kasi pemerintahan desa se-Kabupaten Mojokerto, juga mendapat materi pengetahuan penyusunan produk hukum yang ada di desa. Seperti bagaimana menyusun peraturan desa, peraturan kepala desa, dan keputusan kepala desa. (yep/ian) 

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...