Atasi Banjir di Kompleks Raci, DPKP Pasuruan Siap Tata Ulang Drainase

Atasi Banjir di Kompleks Raci, DPKP Pasuruan Siap Tata Ulang Drainase Tembok kompleks perkantoran Raci roboh pasca hujan lebat.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Pasuruan tak hanya menggenangi ratusan rumah penduduk, tapi juga perkantoran di kompleks perkantoran Raci. Meski tidak sampai merusak bangunan serta dokumen penting di masing-masing OPD, tembok di sisi utara roboh akibat diterjang luapan air.

Permasalahan genangan di kompleks perkantoran Raci dipicu kecilnya saluran air yang ada. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan penataan ulang drainase.

Kepala Dinas PU Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Misbah Zunib menjelaskan, kecilnya saluran air di kompleks Raci, membuat pembuangannya kurang maksimal.

“Imbas saluran pembuang di sisi selatan tidak mampu menampung besarnya debit air, berdampak pada genangan air masuk di komplek perkantoran. Genangan terjadi apabila hujan deras mengguyur wilayah Bangil dan sekitarnya," jelasnya.

Pihaknya mengaku akan melakukan penataan ulang terhadap drainase di kompleks perkantoran Raci. Untuk penanganan sementara, akan dilakukan pengerukan saluran setempat sehingga air bisa mengalir ke sungai.

"Kalau dianggarkan permanen dirasa tidak mungkin pada tahun ini, karena anggarannya lumayan besar. Kami sudah usulkan, tapi belum terealisasi tahun ini. Akan kami upayakan di 2020, dengan mengusulkan Rp 1 miliar," jelasnya. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO