KKN ke-17, UTM Gandeng Dinas Pertanian Bangkalan Gelar Penyuluhan

KKN ke-17, UTM Gandeng Dinas Pertanian Bangkalan Gelar Penyuluhan Foto bersama mahasiswa KKN kelompok 17 UTM dengan Dinas Pertanian dan Ketua Kelompok Tani Desa Poter.

BANGKALAN,BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten menggelar kegiatan penyuluhan pertanian dengan warga Desa Poter, Kecamatan Tanah Merah, Selasa (22/01/2019).

Menurut Koordinator KKN ke-17 UTM Samsul Arifin, acara tersebut digelar untuk menambah wawasan masyarakat Desa Poter dalam upaya pemanfaatan pekarangan rumah.

"Agar pekarangan betul-betul bermanfaat, sehingga dapat menambah pemasukan masyarakat (side income), minimal mengurangi pengeluaran terhadap kebutuhan pokok sehari-hari," terangnya.

Supriyadi, Koordinator Pertanian Wilayah Tanah Merah memaparkan kepada peserta penyuluhan dari masyarakat Poter, mahasiswa, serta dari pihak pertanian, bahwa ada lima syarat dalam bercocok tanam yang biasa disebut dengan Panca Usaha Tani.

"Pertama benih atau bibit tanaman yang bagus, kedua olah tanah, ketiga penanaman, keempat pemeliharaan, kelima pemanenan," paparnya.

Agar peserta lebih paham dan mudah, setelah selesai pemberian materi kemudian dilanjutkan dengan praktik. Pihak Pertanian Wilayah Tanah Merah mendemonstrasikan penanaman bibit yang baik dan benar. (uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO