Olahraga Berat, Buruk bagi Kesehatan Gigi?

Olahraga Berat, Buruk  bagi Kesehatan Gigi? Jenis olahraga ini bisa bikin masalah untuk kesehatan gigi.

KESEHATAN (BangsaOnline) - Olahraga berat baik untuk hampir semua tubuh, kecuali mungkin gigi. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, menemukan bahwa pelatihan berat dapat menyebabkan masalah gigi dengan cara yang tak terduga.

Ada petunjuk di masa lalu bahwa atlet bisa memiliki risiko tinggi untuk gigi berlubang dan masalah mulut lainnya. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam The British Journal of Sports Medicine, dokter gigi yang memeriksa 278 atlet di Olimpiade di London 2012 melaporkan bahwa mayoritas memiliki kesehatan mulut yang buruk.

Hal itu termasuk tingkat tinggi kerusakan gigi yang sering bersamaan dengan penyakit gusi dan erosi enamel gigi. Para atlet berasal dari Amerika Serikat dan Eropa serta wilayah kurang berkembang di belahan dunia. Sebagian besar dari mereka memiliki akses ke dokter gigi berkualitas baik. Meskipun begitu banyak yang tidak mengunjungi dokter gigi pada setahun belakangan.

Studi ini tidak meneliti mengapa atlet berisiko tinggi seperti masalah gigi. Meskipun banyak dari kita mungkin menganggap bahwa minuman olahraga yang manis dan bar akan menjadi penyebab utama. Penelitian lain, bagaimanapun, telah menemukan sedikit jika ada hubungan antara mengonsumsi minuman olahraga dan mengembangkan gigi berlubang.

Sebelumnya, peneliti dengan sekolah kedokteran gigi di University Hospital Heidelberg, Jerman serta lembaga lainnya merekrut 35 atlet kompetitif dan 35 orang dewasa yang sehat yang bukan atlet. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, para atlet menunjukkan erosi secara signifikan lebih besar dari enamel gigi mereka. Mereka juga cenderung memiliki lebih banyak gigi berlubang, dengan risiko meningkat seiring tumbuhnya waktu pelatihan seorang atlet.

Kesimpulannya, semakin banyak jam yang dihabiskan seorang atlet bekerja, semakin besar kemungkinan dia untuk memiliki gigi berlubang. Selama berjalan eksperimental mereka, jumlah air liur yang diproduksi mereka semakin berkurang, yang berarti bahwa mulut mereka menjadi kering. Terlepas dari apakah mereka mengkonsumsi air atau minuman lainnya selama latihan.

Komposisi kimia air liur juga bergeser, tumbuh lebih basa ketika mereka berlatih terus menerus. Alkalinitas Kelebihan dalam air liur diperkirakan berkontribusi pada perkembangan plak karang gigi pada gigi dan masalah lainnya.

"Luasnya perubahan dalam air liur atlet selama latihan adalah sesuatu yang mengejutkan," ujar pemimpin penelitian, yang merupakan dokter gigi senior di University Hospital Heidelberg, Dr Cornelia Frese, seperti yang dikutip New York Times.

Ia berujar, awalnya tim peneliti berpikir minuman olahraga dan nutrisi memiliki pengaruh yang paling merugikan pada kerusakan gigi. Namun, berdasarkan penelitian mereka tidak melihat hubungan langsung di antara keduanya.

Sebaliknya, itu adalah perubahan air liur selama latihan yang membedakan mulut atlet dari orang-orang dari kelompok kontrol. "Karena air liur memiliki fungsi yang sangat protektif untuk gigi, memiliki kurang dari itu atau versi kimia yang berbeda selama latihan bisa menjadi masalah," jelas Dr Frese.

Sumber: republikaonline

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO