Dukungan PDIP dan Gerindra ke Capres Solid, Demokrat serta Golkar Terbelah

Dukungan PDIP dan Gerindra ke Capres Solid, Demokrat serta Golkar Terbelah Mochtar W. Oetomo, Direktur Utama SSC. foto: dokumen.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peta dukungan kepada paslon dari partai pengusung di Pilpres 2019 menunjukkan bahwa kedua partai utama pengusung masing-masing calon memiliki kader yang solid. Baik PDIP dan Gerindra, secara mayoritas kadernya solid mendukung secara berurutan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno. Hal itu diungkap Direktur Utama Surabaya Survey Center (SSC), Mochtar W. Oetomo.

“PDIP sebanyak 70.9 persen memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan hanya 17.5 persen yang memilih Prabowo Sandiaga Uno dengan 11.6 persen undecided voters. Sedangkan Gerindra, 62.7 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dan hanya 28.9 persen memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dengan 8.4 persen undecided voters,” papar Mochtar, Kamis (10/1).

Sedangkan untuk Partai Demokrat, dukungan kepada masing-masing paslon dari responden yang memilih partai ini bisa dibilang berimbang. Pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin sebanyak 46.4 persen dan Prabowo-Sandiaga Uno 43.6 persen dengan 10 persen undecided voters.

Lebih lanjut, Mochtar menjelaskan jika dari segi partai pengusung lainnya pun, nampak di kubu Jokowi-Ma’ruf Amin lebih solid. Dari total 6 partai pengusung, seluruhnya solid memilih pasangan dengan nomor urut 01 itu.

“Di Golkar misalnya, 55 persen Jokowi-Ma’ruf Amin dan 35 persen Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10 persen undecided voters. Lalu PKB, 66.6 persen Jokowi-Ma’ruf Amin dan 20.3 persen Prabowo-Sandiaga Uno dengan 13.1 persen undecided voters. Begitu pula Nasdem, 65 persen kepada Jokowi-Ma’ruf Amin dan 30 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dengan 5 persen undecided voters,” katanya.

Bagaiman di kubu Prabowo-Sandiaga Uno? Mochtar mengungkapkan, di kubu Paslon no 02 ini bentuk dukungan di akar rumput masih belum begitu solid. Hanya Gerindra yang jelas-jelas pemilihnya secara signifikan memilih pasangan yang mengusung Cawapres Millenials itu.

“Kalau tadi Demokrat kan jelas bisa dibilang berimbang. Sementara, PKS 47.8 persen untuk Prabowo-Sandiaga Uno dan 32.5 persen Jokowi-Ma’ruf Amin dengan 19.7 persen undecided voters. Kalau untuk PAN, 45 persen Prabowo-Sandiaga Uno dan 37.5 persen Jokowi-Ma’ruf Amin dengan 17.5 persen undecided voters,” imbuh dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO