Senin, 06 Juli 2020 08:54

Tiga Pelaku Pembakaran Polsek Tambelangan Disidang Hari Ini

Rabu, 11 September 2019 18:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Anatasia Novarina
Tiga Pelaku Pembakaran Polsek Tambelangan Disidang Hari Ini
Tiga terdakwa pembakaran Polsek Tambelangan saat mengikuti persidangan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sidang perdana kasus pembakaran Polsek Tambelangan, Sampang, Madura hadirkan tiga tersangka dari sembilan tersangka digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (11/9).

Tiga tersangka dihadirkan yakni Habib Qodir Al Hadad, Supardi, dan Hadi Mustofa yang masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) meski sudah berumur 20 tahun.

Tim kuasa hukum terdakwa yang dikoordinir Andry Ermawan, Agung Widodo setelah berkoordinasi dengan tiga terdakwa yakni Habib Abdul Qodir Al Haddad, Hadi Mustofa (pelajar SMU), dan Supandi memutuskan untuk tidak mengajukan keberatan atas dakwaan (eksepsi).

"Setelah kita koordinasi dengan para terdakwa kita putuskan untuk tidak mengajukan eksepsi," ujar tim kuasa hukum terdakwa, Andry Ermawan, Rabu (11/9).

Dalam kesempatan tersebut, tim kuasa hukum terdakwa juga mengajukan penangguhan penahanan ke Majelis Hakim yang diketuai Eddy Soeprayitno. Dalam pengajuan penangguhan penahanan, Andry berharap semua terdakwa dikabulkan permintaan penangguhan penahanan tersebut. Namun apabila tidak memungkinkan, pihaknya secara khusus meminta agar terdakwa Hadi Mustofa yang statusnya masih pelajar inilah yang bisa ditangguhkan.

"Kita ajukan penangguhan penahanan dengan jaminan ibunya dan juga surat dari kepala sekolahnya, sebab terdakwa Hadi masih tercatat sebagai pelajar kelas tiga SMA," ujar Andry.

Andry menambahkan, keputusan pihaknya tidak mengajukan eksepsi karena akan membuktikan dalam persidangan atas apa yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum. Dan dia akan siapkan bukti-bukti untuk mementahkan dakwaan Jaksa tersebut.

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tulus Ardiansyah dalam dakwaannya menyatakan perbuatan terdakwa dilakukan pada 22 Mei 2019 di mana saat itu terdakwa Habib Abdul Qodir Al Haddad mengumpulkan para terdakwa untuk berkumpul di rumahnya. Setelah para terdakwa berkumpul, di situlah akhirnya dilakukan pembakaran dan juga melempar Mapolsek Tambelangan.

Perbuatan terdakwa sebagaimana tertuang dalam pasal 200 ayat 2 KUHP jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. (ana/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...