Selasa, 17 September 2019 00:16

Tiga Pelaku Pembakaran Polsek Tambelangan Disidang Hari Ini

Rabu, 11 September 2019 18:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Anatasia Novarina
Tiga Pelaku Pembakaran Polsek Tambelangan Disidang Hari Ini
Tiga terdakwa pembakaran Polsek Tambelangan saat mengikuti persidangan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sidang perdana kasus pembakaran Polsek Tambelangan, Sampang, Madura hadirkan tiga tersangka dari sembilan tersangka digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (11/9).

Tiga tersangka dihadirkan yakni Habib Qodir Al Hadad, Supardi, dan Hadi Mustofa yang masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) meski sudah berumur 20 tahun.

Tim kuasa hukum terdakwa yang dikoordinir Andry Ermawan, Agung Widodo setelah berkoordinasi dengan tiga terdakwa yakni Habib Abdul Qodir Al Haddad, Hadi Mustofa (pelajar SMU), dan Supandi memutuskan untuk tidak mengajukan keberatan atas dakwaan (eksepsi).

"Setelah kita koordinasi dengan para terdakwa kita putuskan untuk tidak mengajukan eksepsi," ujar tim kuasa hukum terdakwa, Andry Ermawan, Rabu (11/9).

Dalam kesempatan tersebut, tim kuasa hukum terdakwa juga mengajukan penangguhan penahanan ke Majelis Hakim yang diketuai Eddy Soeprayitno. Dalam pengajuan penangguhan penahanan, Andry berharap semua terdakwa dikabulkan permintaan penangguhan penahanan tersebut. Namun apabila tidak memungkinkan, pihaknya secara khusus meminta agar terdakwa Hadi Mustofa yang statusnya masih pelajar inilah yang bisa ditangguhkan.

"Kita ajukan penangguhan penahanan dengan jaminan ibunya dan juga surat dari kepala sekolahnya, sebab terdakwa Hadi masih tercatat sebagai pelajar kelas tiga SMA," ujar Andry.

Andry menambahkan, keputusan pihaknya tidak mengajukan eksepsi karena akan membuktikan dalam persidangan atas apa yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum. Dan dia akan siapkan bukti-bukti untuk mementahkan dakwaan Jaksa tersebut.

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tulus Ardiansyah dalam dakwaannya menyatakan perbuatan terdakwa dilakukan pada 22 Mei 2019 di mana saat itu terdakwa Habib Abdul Qodir Al Haddad mengumpulkan para terdakwa untuk berkumpul di rumahnya. Setelah para terdakwa berkumpul, di situlah akhirnya dilakukan pembakaran dan juga melempar Mapolsek Tambelangan.

Perbuatan terdakwa sebagaimana tertuang dalam pasal 200 ayat 2 KUHP jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. (ana/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...