Jumat, 15 November 2019 21:59

Tiga Pelaku Pembakaran Polsek Tambelangan Disidang Hari Ini

Rabu, 11 September 2019 18:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Anatasia Novarina
Tiga Pelaku Pembakaran Polsek Tambelangan Disidang Hari Ini
Tiga terdakwa pembakaran Polsek Tambelangan saat mengikuti persidangan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sidang perdana kasus pembakaran Polsek Tambelangan, Sampang, Madura hadirkan tiga tersangka dari sembilan tersangka digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (11/9).

Tiga tersangka dihadirkan yakni Habib Qodir Al Hadad, Supardi, dan Hadi Mustofa yang masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) meski sudah berumur 20 tahun.

Tim kuasa hukum terdakwa yang dikoordinir Andry Ermawan, Agung Widodo setelah berkoordinasi dengan tiga terdakwa yakni Habib Abdul Qodir Al Haddad, Hadi Mustofa (pelajar SMU), dan Supandi memutuskan untuk tidak mengajukan keberatan atas dakwaan (eksepsi).

"Setelah kita koordinasi dengan para terdakwa kita putuskan untuk tidak mengajukan eksepsi," ujar tim kuasa hukum terdakwa, Andry Ermawan, Rabu (11/9).

Dalam kesempatan tersebut, tim kuasa hukum terdakwa juga mengajukan penangguhan penahanan ke Majelis Hakim yang diketuai Eddy Soeprayitno. Dalam pengajuan penangguhan penahanan, Andry berharap semua terdakwa dikabulkan permintaan penangguhan penahanan tersebut. Namun apabila tidak memungkinkan, pihaknya secara khusus meminta agar terdakwa Hadi Mustofa yang statusnya masih pelajar inilah yang bisa ditangguhkan.

"Kita ajukan penangguhan penahanan dengan jaminan ibunya dan juga surat dari kepala sekolahnya, sebab terdakwa Hadi masih tercatat sebagai pelajar kelas tiga SMA," ujar Andry.

Andry menambahkan, keputusan pihaknya tidak mengajukan eksepsi karena akan membuktikan dalam persidangan atas apa yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum. Dan dia akan siapkan bukti-bukti untuk mementahkan dakwaan Jaksa tersebut.

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tulus Ardiansyah dalam dakwaannya menyatakan perbuatan terdakwa dilakukan pada 22 Mei 2019 di mana saat itu terdakwa Habib Abdul Qodir Al Haddad mengumpulkan para terdakwa untuk berkumpul di rumahnya. Setelah para terdakwa berkumpul, di situlah akhirnya dilakukan pembakaran dan juga melempar Mapolsek Tambelangan.

Perbuatan terdakwa sebagaimana tertuang dalam pasal 200 ayat 2 KUHP jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. (ana/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...