50 Ribu Bidang Tanah di Sidoarjo Disertifikasi Tahun Ini

50 Ribu Bidang Tanah di Sidoarjo Disertifikasi Tahun Ini KOORDINASI: Bupati H Saiful Ilah saat hadiri Rapat Koordinasi Program PTSL yang digelar BPN Sidoarjo, Kamis (3/1). Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 50 ribu bidang tanah di Sidoarjo bakal bersertipikat pada tahun 2019 ini. Itu bakal diwujudkan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ().

Program ini mulai disosialisasikan dalam Rakor Program yang digelar Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo, di Aula Delta Graha Pemkab Sidoarjo, Kamis (3/1).

Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah meminta aparatur desa membantu proses pendaftaran sertipikat tanah warganya. Ia menghimbau kepada Pemerintah Desa untuk tidak menarik biaya di luar ketentuan hukum yang berlaku.

Hal tersebut untuk menghindari masalah hukum yang dapat menjerat aparat desa terkait program tersebut. Kata Bupati, biaya mengurus sertipikat tanah melalui Program sebesar Rp 300 ribu.

Namun warga hanya membayar separuhnya atau Rp 150 ribu. Separuhnya lagi ditanggung Pemkab Sidoarjo. Ia katakan biaya tersebut sebagai pengganti patok tanah dan materai serta lainnya dalam proses pendaftaran sertipikat tanah.

Kepala Humaidi mengatakan tahun ini Kabupaten Sidoarjo mendapatkan alokasi anggaran sebanyak 50 ribu bidang tanah. Jumlah tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Sidoarjo.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO