Data Kalender BMKG, Potensi Banjir di Pasuruan Relatif Kecil

Data Kalender BMKG, Potensi Banjir di Pasuruan Relatif Kecil Banjir yang terjadi di Purwodadi, Pasuruan, tahun lalu.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Musim hujan yang mulai mengguyur wilayah Pasuruan dalam sebulan terakhir ini secara langsung berpotensi terjadi banjir dan bencana longsor. Mengingat, wilayah Pasuruan memang sebagian adalah dataran tinggi dan pesisir sehingga diperlukan kewaspadaan dari masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPBD Pasuruan Bhakti Jati Permana pada Bangsaonline.com Jum’at (28/12) kemarin. Ia menjelaskan intensitas curah hujan di Pasuruan sesuai data kalender dari BMKG terjadi pada Bulan Januari-Maret. "Kalau tingkat curah hujan di Pasuruan pada tahun 2019 ini relatif kecil di bandingkan bulan Januari-Maret kemarin (tahun lalu, red)," jelasnya.

Dengan rendahnya prediksi intensitas hujan yang terjadi tersebut, lanjut Bhakti, maka musibah bencana seperti banjir dan longsor juga relatif kecil. Meski, menurutnya tidak menutup kemungkinan ada juga beberapa wilayah di Pasuruan yang rawan banjir dan longsor. Maka dari itu pihak BPBD juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus waspada.

"Kita tetap waspada karena Pasuruan sendiri berada wilayah di Selat Madura, serta gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat," tambahnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO