Jumat, 19 Juli 2019 16:45

PP Laporkan Video Editan Ucapan Natal KH. Ma'ruf Amin Berbusana Sinterklas ke Bawaslu Jatim

Kamis, 27 Desember 2018 22:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
PP Laporkan Video Editan Ucapan Natal KH. Ma
MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur melaksanakan apel siaga memerangi hoax dan kampanye hitam yang terjadi dalam kampanye Pemilu 2019. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Baru-baru ini masyarakat dikagetkan dengan video ucapan natal yang disampaikan oleh Cawapres nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin. Publik bukan kaget dengan ucapan natal yang disampaikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif itu. Tetapi karena busana sinterklas atau santa clause yang dikenakan Kiai Ma'ruf dalam video tersebut.

Video ucapan natal Kiai Ma'ruf Amin itu sekejap menyebar melalui media sosial (medsos) dan membuat heboh termasuk di Jawa Timur. Ormas Pemuda Pancasila (PP) memastikan kalau video itu adalah hasil editan dan dilakukan untuk mendiskreditkan Kiai Ma'ruf. Karena itu, PP akan mengambil sikap tegas dengan melaporkan video editan itu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim. Pernyataan itu disampaikan, Sekretaris Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Jawa Timur, M. Diar Agus Muslim.

Diakui Agus, pihaknya sudah mengantongi bukti kampanye hitam berupa video KH Ma’ruf Amin yang diedit diberi pakaian seolah-olah sinterklas. Video itu sudah banyak beredar di medsos baik WA Group, Facebook, Youtube dan lain sebagainya. Video itu juga beredar luas di Jatim. Ia meminta agar pelaku yang membuat maupun yang menyebarluaskan ditindak.

“Ini sudah keterlaluan, padahal aslinya cuma berupa ucapan selamat Natal dari Cawapres KH Ma’ruf Amin. Senin depan temuan ini akan kami laporkan ke Bawaslu Jatim,” tegas Agus Muslim di kantor MPW Pemuda Pancasila Jatim, Kamis (27/12).

Agus Muslim mengungkapkan, video editan itu hanya salah satu temuan kampanye hitam dan hoax di medsos. Pihaknya mengaku telah melakukan pencermatan terhadap perkembangan pelaksanaan kampanye Pemilihan Presiden 2019. Memasuki bulan ke-4, ditemukan banyak dan beragam kampanye yang berkonten hoax, khususnya melalui media sosial.

"Konten hoax tersebut dilakukan dengan cara mendiskreditkan pasangan calon presiden lawan melalui lisan, tulisan, visual, audio visual secara melawan hukum. Yakni dibuat dengan cara yang tidak benar, seolah-olah dilakukan atau diperbuat oleh pasangan pasangan calon Presiden, walaupun fakta sebenarnya tidak pernah ada," paparnya.

Sesuai dengan perkembangan tersebut di atas, maka MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur memandang perlu untuk mengambil langkah taktis sebagai berikut.

“Pertama, Kepada Kader Pemuda Pancasila di setiap tingkatan MPW, MPC, PAC, Ranting dan Anak Ranting untuk melakukan pengawasan dan pencermatan terhadap platform media sosial whatsApp Group, Facebook, Line, Instragram, Twitter dan media sosial lainnya,” ujar Agus Muslim.

Kedua, kata Agus, setiap temuan terhadap konten media sosial yang mendiskreditkan dan mernbuat materi tidak benar atau hoax terhadap pasangan Capres dan Cawapres Ir. H.Joko Widodo – KH Prof Dr. Ma’ruf Amin, untuk segera dilakukan koordinasi dan pelaporan langsung kepada MPO Pemuda Pancasila Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

Ketiga, semua temuan, setelah diverifikasi dan dikomunikasikan dengan MPW dan LPPH, untuk selanjutnya segera dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaswlu) di setiap Kabupaten/Kota dan/atau Provinsi secara berjenjang.

“Keempat, setiap bentuk laporan formal harus dikawal oleh semua tingkatan MPW dan MPC dengan cara melakukan komunikasi dengan Bawaslu tentang tindak lanjut atas laporan yang sudah diserahkan,” jelas Agus

Terakhir atau kelima, setiap bentuk temuan di platform media sosial harus dilakukan recheck, crosscheck dan verifikasi terhadap kontennya. Sehingga yang disampaikan ke Bawaslu tingkat akurasinya tidak diragukan.

“Demikian langkah-langkah yang akan diambil oleh MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur dalam mewujudkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legistatif yang berkualitas dan bermartabat,” imbuhnya. (mdr/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...