Tanggul Ketapang Retak, Air Meluber Hingga ke Saluran Drainase

Tanggul Ketapang Retak, Air Meluber Hingga ke Saluran Drainase Air dari tanggul yang jebol dialirkan ke drainase.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kondisi tanggul lumpur di Desa Ketapang titik P71 membutuhkan perbaikan. Pasalnya, dinding penahan lumpur jebol. Hasilnya, air dari dalam tanggul pun mengalir keluar. Agar tidak menggenangi jalan, Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) mengalirkan air menuju drainase.

Salah satu warga, Solik menjelaskan, tanggul di Ketapang sudah retak sejak satu bulan lalu. Awalnya, air yang mengalir tidak deras. Karena rekahan masih kecil, PPLS pun segera menutup lubang tersebut.

Namun, tepatnya seminggu yang lalu, tanggul kembali retak. Kali ini, ukuran lubang semakin besar. Alhasil, air yang mengalir semakin deras.

Dia menjelaskan, petugas PPLS segera memasang penahan. Yakni sak berisi pasir. Sak itu ditata di depan lubang. Berjajar mengarah ke drainase. Tujuanya, menahan air agar tidak meluber ke rel kereta api dan menggenangi jalan raya porong.

Menurut Solik, warga sekitar khawatir. Pasalnya, gerusan air itu semakin lama membuat air di dalam tanggul berkurang. "Nah, jika terus berkurang, tanggul berpotensi ambles. Kami minta segera diperkuat," cetusnya.

Lihat juga video 'HOAX! Bukan Tanggul Lumpur Lapindo yang Jebol tapi Pipa PDAM di Jalan Raya Porong':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO