Kamis, 09 Juli 2020 22:08

Puting Beliung Terjang Balongbendo Sidoarjo, Puluhan Rumah Roboh dan Rusak

Sabtu, 15 Desember 2018 20:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Puting Beliung Terjang Balongbendo Sidoarjo, Puluhan Rumah Roboh dan Rusak
Sejumlah rumah di wilayah Balongbendo rusak parah usai dihajar puting beliung.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Angin puting beliung yang datang bersamaan dengan hujan deras merobohkan puluhan rumah dan pepohonan di kawasan Balongbendo, Sabtu (15/12).

Dua desa diterjang angin puting beliung ini. Informasi yang dihimpun, pepohonan dan rumah warga di Desa Bakung Pringgodani dan Desa Wonokarang Kecamatan Balongbendo banyak yang roboh. Di RT 6 dan RT 9 Desa Bakung Pringgodani ada sekitar 20 rumah rusak.

"Angin datang sekitar pukul 15.30 WIB yang menggulung bergerak dari barat ke timur," cetus Iman, warga setempat.

Diceritakannya, saat itu dirinya sedang mencuci motornya di depan rumah, tiba-tiba terdengar suara gemuruh bergerak hingga merontokkan genting-genting rumah dan merobohkan pepohonan.

"Angin bergerak tidak lama, hanya sekitar kurang lebih lima menitan," ungkap Iman sambil membersihkan ranting pohon yang menimpa rumahnya.

Petugas Polsek Balongbendo yang datang ke lokasi langsung melakukan pendataan dan membantu warga melakukan pembersihan.

Kapolsek Balongbendo Kompol Sutriswoko menjelaskan, pihaknya bersama anggota saat ini sedang melakukan pendataan dan membantu warga yang melakukan pembersihan dahan pohon yang banyak menimpa rumah warga.

"Bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan kita masih melakukan pendataan rumah warga yang rusak," terangnya saat di lokasi bencana.

Sementara itu petugas dari BPBD Sidoarjo yang datang ke lokasi bencana langsung melakukan pembersihan dengan membawa berbagai peralatan seperti gergaji mesin.

"Saat ini yang kita lakukan adalah melakukan pembersihan pepohonan yang menimpa rumah warga. Untuk rumah yang kondisinya parah untuk sementara akan kita kirim terpal dulu," terang Aslam salah satu petugas BPBD Sidoarjo di lokasi.

Pihaknya saat ini belum bisa memberikan keterangan terkait bantuan yang akan diberikan kepada warga yang rumahnya rusak. “Kita akan lakukan pendataan dulu tapi yang terpenting kita lakukan pembersihan dulu,” pungkasnya. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...