Profesionalisme ASN Jadi Garda Terdepan dalam Layani Masyarakat

Profesionalisme ASN Jadi Garda Terdepan dalam Layani Masyarakat Gubernur Jawa Timur memberikan santunan perlengkapan sekolah kepada Putra Putri ASN di Lingkungan Pemprov Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dengan mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme, para jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkumpul dalam wadah Korpri menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. 

Secara tidak langsung, ASN yang tergabung dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh rasa persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. 

Demikian disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo saat membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia pada saat upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (1/12).

Dijelaskan, ASN juga menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional. ASN, juga ikut serta merta menjadi teladan masyarakat. Keberhasilan sebuah Negara tidak terlepas dari peran serta ASN yang bekerja di semua sektor yang berada di seluruh penjuru tanah air atau perwakilan di luar negeri. 

"Yang tidak kalah penting, banyak ASN yang bertugas di daerah terpencil dan pulau terluar bekerja dengan penuh dedikasi meskipun dengan segala keterbatasan," jelas Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah selalu memberikan prioritas dalam meningkatkan kesejahteraan ASN melalui peningkatkan penghasilan sefta dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun. 

Pakde Karwo menjelaskan dengan adanya perubahan sosial dan ekonomi yang pesat, ASN juga harus melakukan penyesuian untuk mengantisipasi perubahan zaman. Sebagai contoh, memasuki Revolusi lndustri 4.0, ikut membawa perubahan lanskap sosial,politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, birokrasi harus mengikutinya. 

“Dengan menggunakan teknologi, bisa menjadi bagian dalam fasilitasi kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan menuntut agar ASN memberikan pelayanan lebih baik,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pakde Karwo juga meminta agar ASN melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. 

“ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” lanjutnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO