RSUD Koesma Berinovasi, Pelayanan dan Alat Semakin Modern

RSUD Koesma Berinovasi, Pelayanan dan Alat Semakin Modern Direktur RSUD Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Seiring bertambahnya usia, jajaran manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Koesma Tuban terus berbenah. Sejak tonggak estafet Direktur dijabat dr. Saiful Hadi, kini rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut semakin banyak inovasi.

Terbaru, Rumah Sakit tipe B ini meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan aplikasi Sistem Pendaftaran Online Cepat Ringkas Akurat (Sipalin Ceria) dan Sistem Pelaporan Online Indikator (Sipolin). Melalui aplikasi Sipalin Ceria, masyarakat tak perlu lagi mengantre untuk mendaftar rawat jalan, karena pasien bisa mendaftar online dari rumahnya. Sedangkan, Sipolin ini sebuah inovasi secara online dalam melakukan pelaporan indikator pelayanan. Tujuannya, mereformasi pelaporan dari yang sebelumnya berbasis kertas menjadi online.

"Dua aplikasi itu saat ini menjadi andalan kami," kata Direktur RSUD Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi kepada wartawan, Jum'at (30/11).

Inovasi lainnya juga terus digarap oleh Saiful, salah satunya penataan taman bermain anak-anak dan ruang antrean pendaftaran serta pelayanan pasien. Baik mulai proses antrean hingga rujukan berobat, semuanya kini tersistem dan tertata. Semua itu dilakukan, dengan harapan pasien maupun keluarganya terasa nyaman saat berada di RSUD Koesma.

"Kami punya taman untuk bersantai, dan juga punya taman bermain anak. Itu kami sediakan semata-mata karena bagian dari pelayanan," imbuh dokter lulusan UNAIR Surabaya itu.

Tidak hanya itu, saat ini peralatatan kesehatan rumah sakit plat merah tersebut juga semakin canggih. Pihak rumah sakit (RS) baru saja mendatangkan tiga alat sekaligus untuk meningkatkan pelayanan publik. Yakni, Bronkoskopi dan Endoscopy, EEG, dan Robot Autism.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO