Minggu, 26 Mei 2019 15:21

RSUD Koesma Berinovasi, Pelayanan dan Alat Semakin Modern

Jumat, 30 November 2018 23:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
RSUD Koesma Berinovasi, Pelayanan dan Alat Semakin Modern
Direktur RSUD Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Seiring bertambahnya usia, jajaran manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Koesma Tuban terus berbenah. Sejak tonggak estafet Direktur dijabat dr. Saiful Hadi, kini rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut semakin banyak inovasi.

Terbaru, Rumah Sakit tipe B ini meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan aplikasi Sistem Pendaftaran Online Cepat Ringkas Akurat (Sipalin Ceria) dan Sistem Pelaporan Online Indikator (Sipolin). Melalui aplikasi Sipalin Ceria, masyarakat tak perlu lagi mengantre untuk mendaftar rawat jalan, karena pasien bisa mendaftar online dari rumahnya. Sedangkan, Sipolin ini sebuah inovasi secara online dalam melakukan pelaporan indikator pelayanan. Tujuannya, mereformasi pelaporan dari yang sebelumnya berbasis kertas menjadi online.

"Dua aplikasi itu saat ini menjadi andalan kami," kata Direktur RSUD Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi kepada wartawan, Jum'at (30/11).

Inovasi lainnya juga terus digarap oleh Saiful, salah satunya penataan taman bermain anak-anak dan ruang antrean pendaftaran serta pelayanan pasien. Baik mulai proses antrean hingga rujukan berobat, semuanya kini tersistem dan tertata. Semua itu dilakukan, dengan harapan pasien maupun keluarganya terasa nyaman saat berada di RSUD Koesma.

"Kami punya taman untuk bersantai, dan juga punya taman bermain anak. Itu kami sediakan semata-mata karena bagian dari pelayanan," imbuh dokter lulusan UNAIR Surabaya itu.

Tidak hanya itu, saat ini peralatatan kesehatan rumah sakit plat merah tersebut juga semakin canggih. Pihak rumah sakit (RS) baru saja mendatangkan tiga alat sekaligus untuk meningkatkan pelayanan publik. Yakni, Bronkoskopi dan Endoscopy, EEG, dan Robot Autism.

Bronkoskopi dan Endoscopy ini cara kerjanya hampir sama. Bronkoskopi caranya dengan memasukkan alat ke dalam saluran pernapasan untuk mengetahui kelainan-kelainan yang ada di dalam paru-paru. Sementara Endoscopy untuk mengetahui kelainan yang ada pada saluran pencernaan.

Saiful Hadi berharap rumah sakit ini mampu menjadi rujukan untuk masyarakat Tuban yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Sebab, sebagai rumah sakit satu-satunya bertipe B yang ada di bumi wali, sudah sewajarnya memiliki sarana dan prasarana lebih komplit dari RS lainnya.

"Beberapa inovasi di bidang teknologi ini meliputi teknologi alat kedokteran dan teknologi informasi, semua untuk meningkatkan dan mempercepat pelayanan pasien. Alhamdulillah rumah sakit ini sekarang sudah memiliki alat yang lumayan canggih," ujar Syaiful Hadi usai mengelar seminar kesehatan di aula RSUD Dr Koesma lantai dua, Kamis (29/11).

Sedangkan Robot Autism, adalah alat paling canggih yang belum banyak ditemui di rumah sakit di Jawa Timur. Robot ini baru dapat ditemui di empat rumah sakit yang ada di Jatim, salah satunya di RSUD Dr. Koesma Tuban. "Alat ini baru ada di Dr. Soetomo Surabaya, Malang, dan Blitar. Alhamdulillah saat ini kita sudah memiliki alat ini," tegasnya.

Pihak rumah sakit harus rela merogoh kocek agak dalam untuk mendapatkan satu set perangkat itu, karena alat tersebut harus didatangkan langsung dari Jerman. Anggaran senilai Rp. 16 Miliar masih dianggap wajar melihat manfaat dari alat itu yang diklaim mampu menyembuhkan penyakit gangguan jiwa tersebut. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...