Enam Desa di Mojokerto Raih Penghargaan Anubhawa Sasana

Enam Desa di Mojokerto Raih Penghargaan Anubhawa Sasana Wabup Pungkasiadi ketika menerima penghargaan dari Menteri Yasonna Laoly.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak enam desa di Kabupaten resmi ditetapkan sebagai Desa Sadar Hukum. Mulai Desa Gayaman Kec. Mojoanyar, Desa Tanjungan Kec. Kemlagi, Desa Gunungsari Kec. Dawarblandong, Desa Randugenengan Kec. Dlanggu, Desa Claket Kec. Pacet, dan Desa Kebontunggul Kec. Gondang,

Penetapan itu dilakukan saat acara Peresmian dan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum Tahun 2018 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Penghargaan tersebut diterimakan kepada Wakil Bupati , Pungkasiadi, Rabu (21/11) pagi di Balai Kota Malang.

Enam desa tersebut ditetapkan dengan kriteria antara lain kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017 mencapai 100%, tidak terdapat perkawinan di bawah umur berdasar ketentuan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, dan memiliki angka kriminalitas relatif rendah.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna Laoly, dalam acara ini menegaskan jika kepatuhan dan kesadaran hukum masyarakat merupakan wujud dari sebuah Negara hukum sejati. Kesadaran ini dikatakannya juga berhubungan erat dengan kemajuan suatu Negara.

“Wujud negara hukum terlihat dari kepatuhan dan kesadaran hukum warga negaranya. Saya selalu mengatakan, tingkat keasadaran hukum masyarakat berkolerasi positif terhadap kemajuan sebuah bangsa. Makin tinggi kesadarannya (hukum), makin maju negara tersebut," tegasnya.

Kalau semua warganya berlomba-lomba taat hukum, lanjutnya, tidak membuat hoaks, negara Indonesia akan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr (negeri yang aman, damai, dan makmur).

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur, Susy Susilawati, dalam acara ini melaporkan beberapa hal penting terkait bagaimana penghargaan Desa Sadar Hukum bisa diberikan.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO