Kasus TBC Terus Naik, Aisyiyah Kota Mojokerto Minta Pemkot Terbitkan Regulasi

Kasus TBC Terus Naik, Aisyiyah Kota Mojokerto Minta Pemkot Terbitkan Regulasi Jajaran Dinkes Kota Mojokerto menyerahkan daftar temjab peningkatan kasus TBC.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Temuan kasus TBC positif di mengalami kenaikan. Bahkan di tiga kecamatan yang ada kasus penularan Tuberculosis (TBC) terus naik.

Data Dinas Kesehatan menyatakan, jumlah temuan kasus TBC tahun 2016 mencapai 216 kasus. Sedangkan tahun 2017 mencapai 277 kasus dan pada tahun ini, data hingga triwulan tiga sudah mencapai 186 kasus.

Menyikapi hal ini, TB Care yang konsen pada penanggulanan TBC meminta agar pemkot segera menerbitkan regulasi untuk penanggulangan TBC, agar penyebarannya bisa dicegah dan pasien yang sudah positif bisa diobati.

“Kita sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait kerawanan penyebaran TBC di , kita juga sudah sudah mendorong agar segera dibuatkan regulasi dalam bertuk peraturan walikota (Perwali) terkait penanggulangan TBC,” ungkap Tatik Lutfiati, Kepala SSR TB .

Tatik juga mengatakan, SSR TB yang disupport oleh Global Fund (GF) sudah melakukan berbagai langkah untuk mendukung penerbitan perwali ini, termasuk melakukan kajian akademik yang melibatkan Tim Peneliti dari UGM dan UI. 

“Hasil kajian ini sudah kita sampaikan ke Dinkes, Bagian Hukum, Bappeko dan DPRD,” tambahnya.

Sementara terkait penanggulangan TBC di , Dinas Kesehatan bakal membahas penyusunan rencana aksi daerah dengan melibatkan sejumlah OPD terkait, semua Camat dan Lurah serta organisasi masyarakat termasuk TB Care .

Christiana Indah Wahyu, Kepala Dinas Kesehatan mengatakan, pembahasan penyusunan rencana aksi daerah ini akan digelar Rabu (21/11) di gedung pertemuan Nusantara Pemkot Mojokerto dengan melibatkan Sekdakot Mojokerto dan Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. (yep/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO