Latihan Operasi Pertahanan Siber TNI AL DItutup

Latihan Operasi Pertahanan Siber TNI AL DItutup

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Letkol Laut (E) Bernardus Wibowo J., Pamen Disinfolahtal sebagai Komandan Satuan Tugas II, menghadiri acara penutupan Latihan Operasi Pertahanan Siber TNI Angkatan Laut oleh Wakil Asisten Staf Operasi Kasal, bertempat di Disinfolahta Koarmada II, Surabaya, Rabu (07/11/2018).

Latihan ini mengangkat tema “TNI Angkatan Laut Melaksanakan Latihan Operasi Pertahanan Siber TNI Angkatan Laut Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”. Latihan yang digelar selama kurang lebih 8 hari itu melibatkan 554 personel yang terdiri dari 156 orang pelaku latihan, 348 orang pendukung latihan termasuk ABK KRI, serta 50 personel penyelenggara latihan.

Latihan tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, yang pertama merupakan tahap pembekalan pada 30 Oktober sampai dengan 2 November 2018, bertempat di Selasar Denma Mabesal. Selanjutnya pada 5 sampai dengan 6 November 2018 dilaksanakan tahap kedua latihan, di mana geladi lapangan tersebut berlangsung di wilayah perairan Teluk Jakarta dan perairan Laut Jawa sekitar Surabaya.

Dalam latihan Operasi Pertahanan Siber TNI Angkatan Laut, Koarmada II melibatkan 26 personel satuan tugas (unsur darat) dan 10 personel tugas (unsur laut), para personel dari Koarmada II dan Kotama jajaran wilyah Koarmada II.

Latihan ini merupakan latihan perdana yang dilaksanakan untuk mengenalkan konsep peperangan masa mendatang, yaitu peperangan siber (Cyber Warfare).

Sasaran dalam Latihan Opshansiber ini adalah terbinanya pola pikir dan pola tindak dalam menyelenggarakan operasi siber dan terwujudnya cyber security awareness di lingkungan . Materi yang disampaikan dalam latihan ini meliputi konsep-konsep dasar kemampuan operasi siber yaitu, penangkalan siber (defensive aspect), penanggulangan siber (incident responsive aspect) dan perbantuan siber (supporting aspect).

Latihan diakhiri dengan praktek kemampuan operasi siber melalui operasionalisasi infra struktur dan sistem teknologi informasi dan komunikasi di kotama masing-masing.

Usai melaksanakan latihan selama sepekan yang lalu, selanjutnya dilaksanakan kaji ulang, Waasops Kasal melalui Tele Conference secara resmi menutup Latihan Operasi Pertahanan Siber TNI Angkatan Laut. (*/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO