Bude Karwo Terima Penghargaan PKP 2018

Bude Karwo Terima Penghargaan PKP 2018 Dr. H. Soekarwo Memberikan Piagam Penghargaan Kepada Ibu Dra. Hj. Nina Soekarwo Dalam Acara Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke 38 Di Jatim Expo Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim, Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si menerima Penghargaan Peduli Ketahanan Pangan (PKP) Tahun 2018. Penghargaan di bidang pemanfaatan lahan pekarangan untuk peningkatan ketersediaan pangan dan gizi keluarga itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo.

Penghargaan ini diterima Bude Karwo, sapaan lekatnya, karena sosoknya sangat inspiratif dan berperan aktif dalam mendorong para kader PKK Jatim untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan cara menanam tanaman-tanaman produktif. Selain itu, Bude Karwo juga terus berperan aktif dalam meningkatkan peran serta masyarakat utamanya dalam menakan angka kurang gizi di Jatim.

Atas upaya ini, Pakde Karwo – sebutan Gubernur Jatim itu mengapresiasi para kader PKK di seluruh Jatim yang telah berupaya melakukan diversifikasi pangan. Hal ini sangat baik untuk mengurangi tingkat ketergantungan terhadap konsumsi beras di Jatim.

Usai menerima penghargaan, Bude Karwo menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh kader PKK Jatim yang bekerja dengan hati dan tidak kenal lelah menggerakkan masyarakat sampai ke akar rumput untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk tanaman produktif.

Kader PKK Jatim, lanjutnya, terus mendorong masyarakat melalui program HATINYA PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) bersama PKK. Seperti menanam tanaman obat keluarga serta cabai di pekarangan rumah.

“Bisa dilihat kemarin harga lombok di Jatim normal, ini karena peran kader PKK luar biasa,” kata istri Gubernur Jatim tersebut.

Berbagai upaya ini membawa PKK Provinsi Jatim terus meraih penghargaan di tingkat nasional. Salah satunya penghargaan Pakarti Utama I Lomba 10 Program Pokok PKK tingkat nasional kategori HATINYA PKK.

Bude Karwo juga terus mendorong adanya diversifikasi pangan menggunakan bahan baku dari wilayah masing-masing, salah satunya melalui lomba kreasi pangan. Ke depan, Bude Karwo berharap langkah ini bisa terus berjalan untuk menjaga agar ketahanan pangan di Provinsi Jatim tetap terjaga.

Selain Bude Karwo, Penghargaan PKP Tahun 2018 juga diberikan kepada lima kepala daerah di Jatim. Yakni, penghargaan PKP di bidang distribusi hasil pertanian diterima Bupati Banyuwangi, bidang inovasi konsumsi pangan lokal diterima Bupati Lamongan, dan bidang kemanan pangan diterima Walikota Malang. Lalu, bidang pemanfaatan lahan marginal atau lahan kritis diterima Bupati Ponorogo, serta bidang peningkatan ketersediaan pangan diterima Bupati Ngawi.

Usai membuka acara, Pakde dan Bude Karwo meninjau berbagai stand pameran serta peserta lomba gelar kreasi cipta menu dan inovasi teknologi pangan olahan. Turut hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, perwakilan Forkopimda Jatim, Ketua Pokja III TP PKK Provinsi Jatim, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, Bupati/Walikota se-Jatim, serta Kepala PKK Kab/Kota se-Jatim. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO