Minggu, 17 Februari 2019 09:50

Festival Kethek Ogleng Diharapkan Bisa Menjadi Ikon Pacitan

Minggu, 14 Oktober 2018 20:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Festival Kethek Ogleng Diharapkan Bisa Menjadi Ikon Pacitan
Suasana festival Kethek Ogleng di Monumen Pangsar Jenderal Soedirman.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Festival kesenian Kethek Ogleng sempat mewarnai hari jadi Sanggar Condro Wanoro ke-50. Kegiatan yang dipusatkan di Monumen Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan itu menyedot perhatian ribuan warga dari berbagai penjuru. Bukan hanya masyarakat Pacitan, namun warga dari Ponorogo dan Jateng juga menyempatkan diri menyaksikan pagelaran kesenian asli Pacitan tersebut.

Selain tarian Kethek Ogleng, pada kesempatan tersebut juga dipertontonkan kesenian reog Ponorogo serta tarian Gambyong dari Sanggar Tari Kartika Putri, Kabupaten Ponorogo. Tak lupa marching band dari SMKN 1 Nawangan juga unjuk kebolehan.

"Kegiatan ini merupakan ulang tahun seni Kethek Ogleng Sanggar Codro Wanoro ke-50 yang merupakan kesenian asli dari Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan. Mbah Sutiman merupakan pendiri tari Khetek Ogleng," ujar Sukarwan Camat Nawangan di sela-sela acara festival, Minggu (14/10).

Dia berharap, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin setiap tahunnya. "Sehingga dapat menyedot animo masyarakat serta bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat. Dan yang lebih utama, akan bisa menjadi ikon kesenian di Pacitan," harap Sukarwan.

Hal ini diamini Bupati Pacitan, Indartato. Ia meminta agar festival Khetek Ogleng menjadi agenda rutin. "$ehingga kesenian tersebut akan menjadi ikon Pacitan. Kami juga memberikan apresiasi sangat besar kepada Mbah Sutiman yang merupakan pendiri kesenian Khetek Ogleng asli dari Desa Tokawi," katanya.

Sebagaimana diketahui, Monumen Jendral Soedirman, saat ini sudah menjadi milik Pemkab Pacitan. Sehingga apapun kegiatan yang akan dilaksanakan, bisa diselenggarakan di monumen tersebut. Selain itu juga bisa dijadikan promosi wisata sejarah kepada masyarakat dari luar Pacitan yang bertujuan menggerakan perekonomian masyarakat. (yun/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...