Sabtu, 04 April 2020 18:23

Sepak Bola Brojo Geni Kembali Digelar di Pacitan

Minggu, 10 November 2019 19:41 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Sepak Bola Brojo Geni Kembali Digelar di Pacitan
Bupati Pacitan Indartato dan Kapolres Pacitan AKBP Sugandi saat melakukan tendangan bola api sebagai tanda dimulainya sepakbola Brojo Geni.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kegiatan budaya Brojo Geni atau sepakbola api digelar di Alun-alun Kabupaten Pacitan, Sabtu (9/11) malam kemarin. 

Kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan oleh Pimpinan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Anshor Pacitan, dalam rangka Hari Santri dan Hari Pahlawan 2019.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Pacitan Indartato, Sekkab Heru Wiwoho, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi, Kasdim 0801 Pacitan Mayor Tony Anugrahan, dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Pacitan.

Menurut Munaji, Ketua Cabang GP Ansor Pacitan, kegiatan sepak bola api tersebut sudah kali kelima dilaksanakan di Pacitan. 

"Kegiatan ini diikuti oleh sahabat-sahabat anggota Banser se-Pacitan. Ini sebagai ajang adu kesaktian. Diharapkan tahun depan Brojo Geni bisa dijadikan sebagai wisata religi dan menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PCNU Pacitan KH Mahmud mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Santri Nasional serta Hari Pahlawan. "Brojo Geni ini merupakan tradisi pesantren yang sudah berjalan turun temurun. Kami sepakat bahwa kegiatan ini sebagai wisata religi sebagai ikon Pacitan," jelasnya.

Menurut Mahmud, sepakbola api merupakan tradisi unik bagi para santri. Sebab, para santri dahulu sebelum melaksanakan sepak bola api harus berpuasa terlebih dahulu. 

"Hikmah yang bisa diambil, bahwa manusia harus bisa menahan hawa nafsu. Tradisi ini diharapkan bisa diteruskan oleh para Banser. Semoga dengan sepak bola api bisa membawa manfaat dan kemaslahatan umat," harapnya.

Kegiatan sepak bola api dimulai dengan pernyataan pembukaan oleh Bupati Pacitan serta tendangan bola api pertama. (yun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...