Sepak Bola Brojo Geni Kembali Digelar di Pacitan

Sepak Bola Brojo Geni Kembali Digelar di Pacitan Bupati Pacitan Indartato dan Kapolres Pacitan AKBP Sugandi saat melakukan tendangan bola api sebagai tanda dimulainya sepakbola Brojo Geni.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kegiatan budaya Brojo Geni atau sepakbola api digelar di Alun-alun Kabupaten , Sabtu (9/11) malam kemarin. 

Kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan oleh Pimpinan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Anshor , dalam rangka Hari Santri dan Hari Pahlawan 2019.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Indartato, Sekkab Heru Wiwoho, Kapolres AKBP Sugandi, Kasdim 0801 Mayor Tony Anugrahan, dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab .

Menurut Munaji, Ketua Cabang GP Ansor , kegiatan sepak bola api tersebut sudah kali kelima dilaksanakan di

"Kegiatan ini diikuti oleh sahabat-sahabat anggota Banser se-. Ini sebagai ajang adu kesaktian. Diharapkan tahun depan Brojo Geni bisa dijadikan sebagai wisata religi dan menjadi kebanggaan masyarakat ," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PCNU KH Mahmud mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Santri Nasional serta Hari Pahlawan. "Brojo Geni ini merupakan tradisi pesantren yang sudah berjalan turun temurun. Kami sepakat bahwa kegiatan ini sebagai wisata religi sebagai ikon ," jelasnya.

Menurut Mahmud, sepakbola api merupakan tradisi unik bagi para santri. Sebab, para santri dahulu sebelum melaksanakan sepak bola api harus berpuasa terlebih dahulu. 

"Hikmah yang bisa diambil, bahwa manusia harus bisa menahan hawa nafsu. Tradisi ini diharapkan bisa diteruskan oleh para Banser. Semoga dengan sepak bola api bisa membawa manfaat dan kemaslahatan umat," harapnya.

Kegiatan sepak bola api dimulai dengan pernyataan pembukaan oleh Bupati serta tendangan bola api pertama. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO