RGS Indonesia Batu Pro-JM Ziarah Wali Limo

RGS Indonesia Batu Pro-JM Ziarah Wali Limo Kordinator RGS Batu Bagian UMKM Monot, bersama para pelaku UMKM saat ziarah wali limo. foto: Syuhud/ bangsaonline.com

BATU, BANGSAONLINE.Com - Untuk melestarikan tradisi leluhur, Relawan Gerakan Sosial (RGS) Indonesia Kota Batu melakukan ritual religi, ziarah wali limo. Lima makam penyebar Islam di Pulau Jawa yang diziarahi adalah Makam Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Bonang, dan Sunan Muria.

Kali ini, ziarah dilakukan puluhan anggota RGS dari usaha mikro kecil dan menengah (UKMK) di Kota Batu yang dipimpin langsung oleh Monot selakuk koordinator.

Kepada BANGSAONLINE.com, Monot menyatakan bahwa ziarah ke makam waliyullah merupakan tradisi umat Islam, khususnya kalangan Nahdliyin (NU). "Dengan ziarah, orang bisa ingat mati, sehingga bisa menambah intensitas beribadah. Juga sebagai bentuk penghormatan kepada para waliyullah yang telah menyebarkan Islam ke nusantara," katanya.

"Di makam-makam waliyullah tersebut kami juga bertawasul agar doa kami kepada Allah agar pada Pilpres 2019 pasangan Capres-Cawapres JM (Jokowi-Ma'ruf) yang kami dukung menang," sambungnya.

Sementara Pendiri RGS Indonesia Khozin Ma'sum menyatakan, ziarah ke makam para wali terutama Wali Songo merupakan tradisi yang dilakukan oleh para pemimpin bangsa. Termasuk, Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf yang didukung oleh RGS Indonesia. "Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf yang kami dukung merupakan sosok figur yang suka berziarah ke makan para waliyullah, para pejuang Islam, dan pejuang bangsa," katanya.

Menurutnya, hal ini menunjukkan kalau mereka adalah pemimpin dan calon pemimpin bangsa yang sangat menjunjung dan menghargai jasa-jasa para pejuang terdahulu, seperti Wali Songo, Presiden RI Bung Karno, dan penerusnya, serta pejuang lain.

"Karena itu, sosok figur Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf ini adalah sosok yang sesuai dengan visi dan misi RGS Indonesia, yang dalam pergerakannya selalu menjunjung tinggi apa yang telah ditanamkan oleh para waliyullah, leluhur, dan para pejuang bangsa. Insya Allah, pasangan JM (Jokowi-Ma'ruf) yang kami dukung diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam Pilpres 2019 dan diberikan kemenangan, aamiin yaa mujibas saailiin," pungkas bendahara umum DPP Bakuppi ini. (hud/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO