Jokowi, JK, Mega Punya Orang Dekat yang Dimasukkan Kabinet

JAKARTA(BangsaOnline)Jika pos kementerian koordinator jadi dihapuskan maka kemungkinan tugas-tugas yang berkaitan pos tersebut diambil alih oleh wakil presiden.

"Akan ada semacam tugas baru untuk wapres," kata pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro.
Ia yakin dengan segudang pengalaman yang dimiliki tentu paham betul ruang lingkup tugas-tugasnya nanti. Kendati keputusan akhir tetap di tangan presiden. Di sinilah dituntut sinergitas antara presiden dan wapres dalam membangun satu kerja sama yang saling melengkapi.

"Pertanyaannya, Jokowi ewuh pakeweuh tidak," tanya Siti, yang biasa disapa mba Wiwiek.

Di sisi lain, ia juga melihat kombinasi menarik dalam penyusunan kabinet Jokowi-JK. Baik Jokowi, maupun Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tentu sudah mempersiapkan orang-orangnya. Di kubu JK, sebut saja Akbar Faizal dan Anis Baswesdan. Kemudian dari Joko Widodo ada Andi Widjayanto. Sedangkan Hasto Kristiyanto diketahui orang dekat Megawati.

"Jadi sebetulnya masing-masing sudah punya orang tapi mungkin nanti hasil akhirnya yang menentukan pak Jokowi. Untuk koalisi dalam hal ini pasti bu Mega," katanya pula.

Peran JK sendiri, menurut Siti, membuat persyaratan bagi para menteri juga roadmap visi misi kemudian dieksekusi dalam program pemerintah.

Sementara politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan bahwa Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)- (JK) dipastikan tidak akan mengumumkan nama-nama menteri di kabinetnya pada Senin (15/9/2014) di Rumah Transisi pukul 16.00 WIB.

Ia mengatakan, hal yang diumumkan oleh Tim Transisi Jokowi-JK hanya struktur kabinet dalam pemerintahan mendatang. Sementara, untuk nama-nama menteri masih dirahasiakan.

"Hanya struktur/arsitekturnya saja, bukan nama atau personel kabinet," tegas Hendrawan melalui pesan singkat, Senin (15/9/2014).

Dia pun menyatakan, postur kabinet pemerintahan Jokowi-JK berjumlah sama dengan pemerintahan SBY yaitu 34 kementerian.? "Kan sudah dinyatakan tetap," terang anggota Komisi VI DPR tersebut.

Sebelumnya, Deputi Transisi Jokowi-JK, Akbar Faisal mengatakan akan ada pengumuman sore ini di Rumah Transisi.
"Nanti sore aja ya jam 16.00 ke transisi," kata Akbar.

Pantauan Okezone, hingga kini tidak ada aktivitas dari di Rumah Transisi, hanya para awak media sedang bersiap menunggu update terbaru dari Tim Transisi Jokowi-JK mengenai postur kabinet pemerintahan mendatang.

Sumber: merdeka.com/okezone.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO