Koarmada II Peringati Hari Jadi ke-73 TNI Angkatan Laut Tahun 2018

Koarmada II Peringati Hari Jadi ke-73 TNI Angkatan Laut Tahun 2018

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Staf Komando Armada (Kaskoarmada) II, Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. mewakili Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-73 TNI Angkatan Laut tahun 2018. Peringatan Hari Jadi kali ini mengambil tema, “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”. Upacara ini berlangsung di Dermaga Madura , Surabaya, Senin (10/09/2018).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kaskoarmada II menyampaikan bahwa, pelaksanaan upacara ini memiliki arti penting bagi TNI Angkatan Laut. Karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut.

“Selama kurun waktu 73 tahun, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu kita, untuk memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui laut,” kata Kasal.

Tema peringatan hari jadi kali ini memiliki makna, TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuan dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik di wilayah perairan yuridiksi Nasional Indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Pada kesempatan tersebut, Kasal juga menyampaikan berbagai pola dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan multidimensional, berupa ancaman militer, ancaman non militer, dan ancaman hibrida yang dapat dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan belum nyata. “Di mana hal itu merupakan implikasi dari perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis khususnya di kawasan Asia Pasifik,” pungkas Kasal.

Orang nomor satu di TNI Angkatan Laut tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Laut di mana pun berada dan bertugas, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban kepada TNI Angkatan Laut.

Hadir pada acara tersebut, Para Asisten Pangkoarmada II, segenap Staf Ahli Pangkoarmada II, Kasatker Mako , para Komandan Satuan, serta segenap Komandan Unsur yang berada di Pangkalan. (*/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO