Jemaah MTA Pacitan Laksanakan Salat Id Pagi Tadi

Jemaah MTA Pacitan Laksanakan Salat Id Pagi Tadi Suasana salat Ied di gedung Perwakilan MTA Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Meski Pemerintah sudah menentukan hari raya Idul Adha jatuh pada Rabu (22/8) besok, namun sejumlah umat muslim sudah ada yang merayakannya hari ini, Selasa (21/8).

Salah satunya, Majelis Tafsir Alquran (MTA) perwakilan . Mereka sudah lebih dulu melaksanakan ibadah salat Id di Gedung Perwakilan MTA Gang Sakura RT 03/RW 01, Lingkungan Kwarasan, Kelurahan Baleharjo.

Dalam khutbahnya, Imam Safi'i selaku khotib dalam salat Id tersebut mengajak umat Islam menjunjung solidaritas dan persatuan. Menurutnya, ibadah qurban itu mengandung makna solidaritas terhadap sesama manusia.

"Daging hewan qurban dibagi-bagikan kepada fakir miskin merupakan cara untuk mengekspresikan semangat kebersamaan kita sebagai umat Islam. Serta sebagai cara untuk menunjukkan betapa persatuan Islam digalang dan diekspresikan lewat ibadah qurban," katanya.

"Ibadah qurban tidak hanya sekadar bermaksud untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sesama umat manusia, tetapi lebih dari itu, mengandung hikmah yang besar dan makna yang paling hakiki dalam hidup dan kehidupan kita sebagai manusia," urainya.

"Salah satu hikmahnya ialah kita mengurbankan hewan, berarti kita sadar perlunya menundukkan nafsu-nafsu hewani yang ada dalam diri kita masing-masing," imbuhnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO