Minggu, 20 Oktober 2019 08:45

​Eks PKL Mastrip Ancam Bangun Lapak, DPRD Kota Blitar Minta Pemkot Segera Respon

Minggu, 19 Agustus 2018 18:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
​Eks PKL Mastrip Ancam Bangun Lapak, DPRD Kota Blitar Minta Pemkot Segera Respon

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar mendesak Pemerintah Kota Blitar segera merespon ancaman eks Pedagang Kaki Lima (PKL) Mastrip. Terkait dengan didirikannya kembali lapak di sepanjang Jalan Mastrip yang terdampak penggusuran.

"Pemkot harus segera mengambil langkah dan solusi terbaik agar masalah tak berlarut-larut. Karena ini adalah tamparan bagi Pemkot Blitar," ungkap anggota DPRD Kota Blitar Agus Zunaidi, Minggu (18/8/2018).

Menurut dia, tindakan yang dilakukan eks PKL Mastrip tidak bisa disalahkan. Mengingat berdasarkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), eks PKL Mastrip memenangkan gugatan atas penggusuran yang dilakukan Pemkot Blitar. Hakim PTUN menganggap surat keputusan (SK) penggusuran yang dikeluarkan Pemkot Blitar cacat hukum.

Putusan hakim PTUN itu juga dikuatkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) di tingkat banding yang diajukan Pemkot Blitar terhadap putusan hakim PTUN yang memenangkan gugatan pedagang.

"Yang dilakukan para eks PKL Mastrip itu tidak bisa serta merta disalahkan. Karena bagaimanapun juga mereka memenangkan gugatan," tegasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Blitar Santoso kembali menegaskan Pemkot tidak tinggal diam. Pemkot saat ini tengah menggodok lokasi mana saja yang bisa dijadikan tempat relokasi eks PKL Mastrip. 

"Tempat relokasi banyak, salah satunya di Jalan Kalimantan atau timur lapangan SMA Negeri 1. Tapi kan semua perlu waktu, tidak bisa langsung ditempati begitu saja agar tidak bertabrakan dengan aturan," paparnya.

Sebelumnya, eks PKL Jalan Mastrip Kota Blitar berencana membuat tempat jualan lagi di sepanjang Jalan Mastrip. Rencana itu, menyusul tidak segera direalisasikannya janji tempat relokasi oleh Pemerintah Kota Blitar.

Koordinator Paguyuban Eks PKL Mastrip, Adi Santoso mengatakan rencananya mulai besok, Kamis (16/8/2018), pedagang akan membangun tempat berjualan di lokasi. Hal ini sebagai bentuk rasa kekecewaan para pedagang Eks Jalan Mastrip. Padahal sebelumnya para pedagang sudah bertemu dengan Wakil Wali Kota Blitar untuk membahas tempat relokasi. Dalam pertemuan itu rencananya tempat relokasi adalah di Jalan Kalimantan. Tepatnya di dekat lapangan SMA Negeri 1 Kota Blitar.

"Dalam pertemuan itu Wawali mengatakan rencananya tempat relokasi di lapangan SMA Negeri 1 Kota Blitar. Tapi nyatanya sampai sekarang janji itu belum juga ditepati," ungkap Adi Santoso. (ina/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...