Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Kediri Buka Ribuan Lowongan Kerja

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Kediri Buka Ribuan Lowongan Kerja

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah menyelenggarakan bursa kerja mini pada Maret lalu, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri kembali menggelar Bursa Kerja/Job Market Fair dalam skala lebih besar. Kegiatan yang diikuti 65 perusahaan tersebut dilaksanakan di Convention Hall kawasan SLG Kabupaten Kediri itu Berlangsung selama dua hari, 24-25 Juli 2018.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ir. Dwi Hari Winarno, SP, PSDA mengatakan, dari 1,5 juta jiwa penduduk Kabupaten Kediri, angka pengangguran pada tahun 2017 tercatat 39.505 jiwa atau 4.87%. 

“JIka dibandingkan dengan angka pengangguran Provinsi Jawa Timur yang 4%, Kita lebih tinggi 0.87%. Namun ini masih di bawah angka pengangguran nasional, yaitu di atas 5%. Hal ini menunjukkan belum adanya keseimbangan antara pengguna kerja dengan pencari kerja,” terangnya.

Untuk itu, bursa kerja ini merupakan upaya menekan angka pengangguran. Para pengguna tenaga kerja dapat bertemu langsung dengan pencari kerja dan menginformasikan lowongan pekerjaan secara up to date sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. 

“Para pencari kerja pun bisa memilih pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan mereka,” tambahnya.

Senada dengan Kadisnaker, Asisten Administrasi Umum Mamiek Amiyati, SH. MH. menyampaikan, selain mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran, bursa kerja ini juga untuk mempromosikan berbagai kebijakan dan program penempatan kerja. 

“Selama ini angka pengangguran disebabkan beberapa hal, di antaranya ketidakseimbangan pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja, pendayagunaan tenaga karja masih belum optimal, dan tingkat pendidikan serta produktivitas tenaga kerja masih relatif rendah. Semoga dengan bursa kerja ini dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja,” harapnya.

Ada 2.000 formasi pekerjaan yang ditawarkan pada bursa kerja kali ini. Perusahaan peserta jobfair tidak hanya dari wilayah Kediri Raya, namun juga Malang dan Surabaya. Para pencari kerja bisa mengajukan lamaran sesuai bidang yang diminati, mulai asuransi, kesehatan, restoran, otomotif, hingga perbankan. (adv/kominfo/rif/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO