Sebidang Kebun Sengon di Pacitan Hangus Dilalap Sijago Merah

Sebidang Kebun Sengon di Pacitan Hangus Dilalap Sijago Merah Kondisi kebun sengon yang ludes terbakar.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kasus kebakaran lahan kembali terjadi di Pacitan, Senin (23/7) kemarin. Sebidang lahan kebun sengon milik Agus, warga RT 04/RW 04 Dusun Sundeng, Desa Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan gosong setelah dilalap si jago merah. Beruntung api bisa segera dijinakkan sehingga tidak sampai menyambar permukiman warga.

Kabid Trantibum Satpol PP Pemkab Pacitan, Purbo Hermanu mengatakan, peristiwa kebakaran itu awal kali diketahui oleh Sutris, warga Dusun Slare Desa Bangunsari. Ia berniat hendak bertandang ke rumah Agus yang kebetulan menjabat sebagai kepala dusun. Sesampainya di lokasi yang dituju, Sutris mendapati kebun sengon milik Agus terbakar. Bahkan kobaran api terus membesar dan mulai merembet ke kawasan permukiman.

"Mengetahui adanya lahan kebun yang terbakar, Sutris berinisiatif menghubungi Agus dan mengabarkan lahan kebun sengon miliknya tengah dilalap amukan api," ujar Purbo, Selasa (24/7).

Tak lama berselang, Agus pun pulang dan langsung menghubungi unit damkar guna meminta bantuan. Sebab api terus membesar dan sulit dipadamkan dengan peralatan manual. Sejurus kemudian, satu unit mobil damkar tiba di lokasi. "Sekitar dua jam, api baru bisa dipadamkan," jelas Purbo.

Sementara itu pada musibah kebakaran tersebut tidak ditemukan korban jiwa. Api berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke permukiman warga. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO